Rakorsus Bareng Menko Mahfud MD, Pj Gubernur Agus Fatoni Paparkan Kondisi Karhutla di Sumsel

Rakorsus Bareng Menko Mahfud MD, Pj Gubernur Agus Fatoni Paparkan Kondisi Karhutla di Sumsel
Rapat Koordinasi Khusus Peningkatan Upaya Penanggulangan Karhutla 2023 yang berlangsung di Gedung Manggala Wanabakti, Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Senin (9/10). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, JAKARTA -  Penjabat Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni memaparkan kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumsel.

Paparan tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Peningkatan Upaya Penanggulangan Karhutla 2023 yang berlangsung di Gedung Manggala Wanabakti, Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Senin (9/10).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memimpin langsung rapat tersebut.

Selain itu turut hadir juga Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong.

Dalam paparannya, Pj Gubernur Agus Fatoni menjelaskan fokus orientasi pengendalian dan penanganan karhutla di Sumsel lebih ditekankan pada edukasi kepada masyarakat terhadap bahaya dan dampak yang dapat ditimbulkan, baik bagi kesehatan, investasi, maupun keselamatan nyawa.

"Masyarakat perlu dilibatkan dalam penanggulangan kebakaran, karena ini penting. Sebab, sebagian besar kebakaran itu terjadi bukan karena terbakar, tetapi karena dibakar,” ungkap Fatoni.

Dia juga mengungkapkan sejumlah fakta saat melaksanakan peninjauan lapangan.

"Kami menemukan informasi bahwa kebakaran ini begitu rapi, ada di lahan-lahan konsesi yang ada gedungnya di sana. Namun gedung di dekat itu tidak terbakar, seperti dijaga, tetapi lahannya itu dibakar," bebernya.

Pj Gubernur Agus Fatno memaparkan kondisi karhutla di Sumsel saat rakor bareng Menko Mahfud MD dan Wamen LHK Alue Dohong

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News