Raker dengan Menteri KKP, Komite II DPD Bahas Pengembangan Sektor Kelautan dan Perikanan di Daerah

Raker dengan Menteri KKP, Komite II DPD Bahas Pengembangan Sektor Kelautan dan Perikanan di Daerah
Ketua Komite II DPD Yorrys Raweyai saat memimpin rapat kerja dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Selasa (14/2). Foto: Dokumentasi Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Komite II DPD RI bersinergi bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam mengembangkan potensi perikanan dan kelautan di daerah untuk kesejahteraan masyarakat di seluruh penjuru Indonesia.

“Kami berharap terjalin kemitraan agar program Kementerian Kelautan dan Perikanan dapat benar-benar memajukan potensi perikanan dan kelautan di daerah,” ucap Ketua Komite II DPD Yorrys Raweyai dalam rapat kerja dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Selasa (14/2).

Melalui rapat kerja dengan Menteri Wahyu Trenggono juga dibahas program penghapusan kemiskinan ekstrem di kalangan nelayan.

Anggota DPD dari Bali Bambang Sutrisno berharap agar KKP dapat bersinergi dengan kementerian terkait soal pemberian subsidi solar kepada nelayan.

Pasalnya, solar subsidi saat ini hanya untuk nelayan dengan kapal ukuran di bawah 5 gross tonnage (GT).

Padahal lantaran banyaknya terumbu karang yang rusak, memaksa nelayan harus melayar ke tengah laut untuk memperoleh ikan menggunakan kapal 30 GT.

“Kapal 30 GT tidak disubsidi (solar), akhirnya produksi menurun. Kalau tidak diharmonisasi dengan semua program pemerintahan, betapa dahsyatnya kerusakan yang terjadi," beber Bambang Sutrisno.

Dia pun berharap hal ini harus benar-benar disinergikan sehingga penghapusan kemiskinan ekstrem ini benar-benar efektif.

Komite II DPD membahas pengembangan sektor kelautan dan perikanan di daerah saat menggelar raker dengan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News