Rakernas IKA UNDIP: Bangun Kampus Demi Generasi Mumpuni

Rakernas IKA UNDIP: Bangun Kampus Demi Generasi Mumpuni
Keterangan Foto: Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Arya Duta, Jakarta, Sabtu (7/12). Foto: panitia rakernas for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Arya Duta, Jakarta, Sabtu (7/12). Para alumni datang dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka duduk bersama membicarakan berbagai hal, termasuk kontribusi terhadap almamater demi mencetak generasi bangsa yang mumpuni.

Rakernas mengusung tema "Revitalisasi dan Optimalisasi Organisasi Dalam Rangka Pemberdayaan Alumni". Dibuka secara resmi oleh Ketua Umum IKA UNDIP Maryono dengan pemukulan gong.

"Sejauh ini Undip telah melahirkan ratusan ribu alumni yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Ini menjadi potensi yang luar biasa. Tinggal bagaimana menggerakan potensi ini agar memberi sumbangsih kepada kampus," ujar Maryono.

Dia berharap para alumni memberikan perhatian besar bagi perkembangan Undip. "Kontribusi dari para alumni adalah sebuah keniscayaan untuk membuat Undip menjadi lebih dikenal, lebih besar, dan mendunia," ucapnya.

Maryono menegaskan, para alumni merasa punya tanggung jawab untuk menjaga nama baik kampus, mendukung terciptanya iklim pendidikan yang lebih baik dan mengikuti perkembangan zaman, demi kemajuan Undip.

Sementara itu dalam Welcome Dinner dan Syukuran Alumni yang digelar sebelumnya, Rektor Undip Prof Yos Johan Utama memaparkan sejumlah torehan prestasi yang mengagumkan. Antara lain, Undip masuk tiga besar perguruan tinggi negeri (PTN) terfavorit di Indonesia dan peringkat ke-2 sebagai PTN yang memiliki pengabdian terbaik. Undip juga merupakan kampus dengan hasil penelitian terbaik.

Saat ini, Undip tengah mendorong lahirnya banyak profesor dengan cara menyekolahkan para pengajarnya ke luar negeri. "Tiap tahun ditargetkan Undip memiliki 75 profesor," kata Yos Johan.

Pada kesempatan itu juga disematkan pin Undip kepada 33 orang, baik yang mengalami promosi jabatan maupun yang baru terpilih sebagai anggota DPR RI serta mereka yang meraih prestasi dalam dan luar negeri.

Undip telah melahirkan ratusan ribu alumni yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News