Rakornas Pengadaan LKPP & IPFE 2023 Dorong Percepatan Transformasi Pengadaan Barang/Jasa

Rakornas Pengadaan LKPP & IPFE 2023 Dorong Percepatan Transformasi Pengadaan Barang/Jasa
Toko Daring LKPP, Mbizmarket hadir sebagai exhibitor di booth nomor B1 mendukung pelaksanaan kegiatan Rakornas PBJ LKPP dan IPFE 2023. Foto dok LKPP

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang/Jasa LKPP 2023 di Hotel Bidakara, Jakarta pada 7-8 November 2023, yang dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut juga digelar pameran dan seminar Indonesia Procurement Forum & Expo (IPFE) 2023, yang digagas oleh Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI).

Penggabungan pelaksanaan kegiatan IPFE 2023 dengan Rakornas Pengadaan LKPP, bertujuan agar seluruh pemangku kepentingan bisa berkumpul bersama, berdialog dan berbagi, untuk dapat memperoleh hasil terbaik dalam memaksimalkan nilai dan manfaat  dari kegiatan pengadaan barang dan jasa.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 2.000 peserta dari berbagai latar belakang profesi, termasuk berasal dari  kementerian, lembaga, pemerintah daerah (K/L/PD), pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota, rumah sakit, serta perguruan tinggi negeri dari seluruh Indonesia.

“Komitmen bersama diperlukan, untuk mendukung apa yang telah dilakukan dan harus dilakukan LKPP, bagaimana kita semua dapat mencapai Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama. Tentunya perlu kolaborasi besar, komitmen besar, dan kita harus melakukan sebuah adaptasi terhadap perubahan itu sendiri, termasuk di dalamnya digitalisasi," ujar Hendrar Prihadi, Ketua LKPP RI.

Peserta kegiatan bisa berpartisipasi dalam berbagai forum berbentuk dialog, dan juga kelas-kelas yang mengangkat berbagai isu terkini di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah, dengan narasumber dari IAPI, LKPP, akademisi, praktisi dan kalangan asosiasi pengadaan lainnya.

“Saat ini memang sudah mulai berjalan, namun kami ingin terus meningkatkannya, agar pengadaan digital tersebut bukan sekedar terkait penerapan teknologi, tidak hanya sekedar transaksi memakai e-katalog atau melalui marketplace mitra LKPP, tetapi bagaimana kami menemukan cara yang lebih efektif dan lebih efisien untuk melakukan pengadaan. Bisa lebih cepat, bisa mendapatkan harga yang lebih baik, bisa lebih berkualitas dan bisa meningkatkan pengunaan produk dalam negeri yang berasal dari UMKM," kata Sonny Sumarsono, Ketua Umum IAPI.

Selain seminar, penyedia barang jasa, dan marketplace mitra Toko Daring LKPP juga berpartisipasi sebagai exhibitor dalam kegiatan Rakornas LKPP dan IPFE 2023, sebagai sarana kesempatan untuk mempromosikan produk/ jasa, dan business matching antara penyedia barang/jasa, marketplace dan pejabat pengadaan pemerintah, sekaligus untuk promosi branding perusahaan di seluruh media publikasi IPFE 2023.

Penggabungan pelaksanaan kegiatan IPFE 2023 dengan Rakornas Pengadaan LKPP, bertujuan agar seluruh pemangku kepentingan bisa berkumpul bersama, berdialog.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News