Rakyat dan Pemerintah Harus Mengawal Subsidi BBM

Rakyat dan Pemerintah Harus Mengawal Subsidi BBM
Pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) bertujuan untuk masyarakat miskin agar dapat memenuhi kebutuhan dasarnya. Foto: Dok Sindikasi Muda Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik dan akademisi Kalimantan Timur Azman Aziz menilai subsidi berfungsi sebagai alat penyesuaian pasar dan menjamin terwujudnya kebutuhan konsumsi bagi masyarakat miskin.

Menurutnya, pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) bertujuan untuk masyarakat miskin agar dapat memenuhi kebutuhan dasarnya.

Dia menyebutkan subsidi BBM tepat sasaran sangat perlu untuk didukung.

Namun, masalahnya adalah bagaimana agar rakyat dan pemerintah bersama-sama mengawal penyaluran subsidi tersebut agar dapat sampai kepada yang memenuhi syarat sebagai penerima.

"Peran rakyat dalam hal ini adalah mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah dalam penyaluran subsidi," ungkap Azman dalam Diskusi Publik dengan tema “Subsidi Tepat Sasaran dan Realisasi Indonesia Sentris”, di Samarinda Senin (26/12).

Ketua Pelaksana Sindikasi Muda Indonesia, Muhammad Fakhri menilai generasi muda harus berperan aktif dalam mengawal subsidi yang tepat sasaran.

Sebab, subsidi energi membebani dan membuat APBN kehilangan kesempatan untuk digunakan bagi hal-hal penting seperti pemerataan pembangunan.

"Termasuk perubahan paradigma dari pembangunan pusat sentris menuju Indonesia sentris, bahkan pembangunan Ibu Kota Negara baru," katanya.

Pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) bertujuan untuk masyarakat miskin agar dapat memenuhi kebutuhan dasarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News