Rakyat Guinea Samakan Presiden Baru dengan Obama

Rakyat Guinea Samakan Presiden Baru dengan Obama
Presiden baru Guinea Kapten Moussa Dadis Camara. Foto : AFP
CONAKRY – Ribuan warga Guinea menyambut presiden baru mereka yang juga Kepala Staf Angkatan Darat, Moussa Dadis Camara. Perwira muda berpangkat kapten itu pun diarak konvoi beberapa kendaraan militer, dipimpin sebuah tank.

Seperti dilansir Reuters, Camara menggantikan Presiden Lansana Conte yang tewas akibat sakit pada Senin (22/12). Conte yang dikenal sebagai perokok berat didiagnosa menderita diabetes kronis dan leukemia.

Penunjukkan Camara merupakan salah satu bentuk kudeta tak berdarah yang dilakukan junta militer negara eksportir bauksit. “Saya tegaskan bahwa sayalah presiden republik ini,” ucap Camara dalam konferensi pers pertamanya.

Camara pun menegaskan kedudukannya itu kepada para menteri yang mengunjunginya di kamp militer di Conakry, ibu kota Guinea. “Kemarin, kalian memang berkuasa, tapi hari ini giliran kami.’’ Camara pun mengajak Perdana Menteri Ahmed Tidiane Souare dan 30 menteri yang mengunjunginya untuk bekerja sama.

CONAKRY – Ribuan warga Guinea menyambut presiden baru mereka yang juga Kepala Staf Angkatan Darat, Moussa Dadis Camara. Perwira muda berpangkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News