Ramadan, Raskin Dibagikan Dua Kali

Ramadan, Raskin Dibagikan Dua Kali
Ramadan, Raskin Dibagikan Dua Kali
PURWOKERTO -- Badan Urusan Logistik (Bulog) sub Divisi Regional Banyumas punya kiat sendiri untuk menekan kemungkinan terjadi lonjakan harga beras menjelang lebaran nanti. Beras raskin sengaja disalurkan dua kali selama Ramadan ini. Penyaluran pertama dilaksanakan hari ini (2/8), yakni sebanyak 2200 ton. Jumlah yang sama akan disalurkan lagi pada 22 Agustus mendatang.

M Priono,  dari Bagian Humas Bulog sub Divisi Regional Banyumas, menjelaskan, tanggal 22 Agustus sengaja dipilih karena sudah mendekati lebaran.  Priono mengungkapkan, selain untuk menekan harga beras jelang lebaran, pembagian dua kali ini juga untuk menningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini lebih efektif daripada operasi pasar," tandas Priono. Dijelaskan, sebanyak 4400 ton beras kualitas medium yang akan disalurkan pada Agustus ini dijual dengan harga Rp 1600 per kilogram.

Untuk mendukung stok beras, kata Priono, Bulog Subdivre Banyumas banyak mengambil dari luar daerah. Pasalnya, pedagang lebih memilih menjual ke luar Jawa dengan harga yang lebih tinggi dari standar harga Bulog. Bulog mematok harga 5600 /kilogram, lebih tinggi dari ketentuan HPP yang hanya Rp 5060.

PURWOKERTO -- Badan Urusan Logistik (Bulog) sub Divisi Regional Banyumas punya kiat sendiri untuk menekan kemungkinan terjadi lonjakan harga beras

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News