Ramai-Ramai ke Indonesia karena Bisa Belanja Murah

Ramai-Ramai ke Indonesia karena Bisa Belanja Murah
Turis mancanegara. Foto: dok. Baliexpressnews.com

jpnn.com - BALI--Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia cukup tinggi. Hanya saja, tujuan wisman itu lebih pada wisata belanja murah.

"Daya saing kita yang tinggi hanya di harga saja. Harga barang di Indonesia jauh lebih murah dibanding negara-negara ASEAN," kata‎ Dewa Putu Oka Prasiasa, dosen STIMI Handayani Denpasar dalam pelatihan dasar SDM pariwisata bagi jurnalis Kabupaten Badung, Bali, Kamis (4/8).

‎Berdasarkan data World Economic Forum, lanjut Dewa, daya saing pariwisata di Indonesia sangat rendah untuk kebijakan dan peraturan. Ranking-nya di bawah Singapura (ranking satu) dan Malaysia (ranking dua).

Demikian juga dari sisi daya saing SDM, Indonesia kalah jauh dengan Singapura dan Malaysia.

"Kita hanya tinggi di daya saing harga. Saya khawatir, wisatawan ke Indonesia bukan melihat budaya kita tapi karena belanja saja," ujarnya.

Dewa menambahkan, pelaksanaan rakornas Sekolah Tinggi Pariwisata se-Indonesia dan pelatihan SDM pariwisata untuk jurnalis, merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan daya saing Indonesia dari sisi kualitas SDM.

Saat ini daya saing kualitas SDM Indonesia ada di ranking lima. Tahun depan, pemerintah menargetkan ranking tiga, mengalahkan Malaysia dan Singapura. (esy/jpnn)

               


BALI--Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia cukup tinggi. Hanya saja, tujuan wisman itu lebih pada wisata belanja murah. "Daya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News