Rambut Rontok Berhubungan dengan Kanker Prostat?

Rambut Rontok Berhubungan dengan Kanker Prostat?
Ilustrasi rambut rontok.

jpnn.com - Layaknya wanita, sebagian pria juga menganggap bahwa rambut adalah mahkota. 

Tak heran, pria masa kini mulai peduli terhadap kesehatan rambut dan tak ingin mengalami rambut rontok. Namun sayangnya, mendapatkan rambut yang sehat dan bebas rontok tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Ini karena kerontokan tak hanya disebabkan oleh faktor dari luar, melainkan juga dari dalam. Perlu Anda tahu, rambut rontok pada pria disebut dengan alopecia androgenik.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, pada sebagian orang, rambut yang rontok bisa tumbuh kembali dengan sendirinya.

Akan tetapi, pada sebagian lainnya, membutuhkan pengobatan dan perawatan khusus untuk menumbuhkan kembali rambut yang rontok.

Banyak hal yang dapat menyebabkan rambut rontok pada pria. Salah satu yang paling dicurigai adalah pengaruh hormon testosteron.

Rambut rontok dan testosteron

Dihydrotestosterone (DHT) tersusun dari testosteron oleh enzim yang disebut 5-alpha reductase. Zat yang terdapat di kulit, folikel rambut, dan prostat itu ikut ambil peran terkait proses terjadinya rambut rontok pada pria.

Pria masa kini mulai peduli terhadap kesehatan rambut dan tak ingin mengalami rambut rontok. Namun sayangnya, mendapatkan rambut yang sehat dan bebas rontok tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News