RAN Tertarik Garap Lagu Ramah Anak

RAN Tertarik Garap Lagu Ramah Anak
RAN. Foto: Dok JPNN

jpnn.com - Bagi yang sudah nonton film Kulari ke Pantai, pasti sudah dengar soundtrack-nya. Ada Selamat Pagi, Gemilang, dan Kulari ke Pantai. Tiga lagu itu dibawakan grup musik RAN. Rayi, Asta, dan Nino berhasil menghidupkan film dengan tiga lagu mereka.

Keterlibatan RAN dalam proyek Kulari ke Pantai tak lepas dari Mira Lesmana dan Riri Riza. Keduanya merupakan pengagum karya RAN. Terlebih lagu Selamat Pagi yang liriknya universal dan ramah anak.

”Ini kali pertama RAN bikin OST untuk film keluarga yang audiensnya dari beragam usia,” ungkap Asta Jumat (13/7) saat berkunjung ke redaksi Jawa Pos.

Lagu Kulari ke Pantai diiringi alunan gitar akustik. Lagu tersebut diciptakan RAN pada Maret lalu saat berlibur bersama para RANers, fans mereka, di Pulo Cinta, Gorontalo. Lokasi Pulo Cinta yang terletak di tengah laut sangat membantu proses pembuatan lagu.

”Kami bikin lagu bertiga pas malam. Suasana laut dan langit yang banyak bintang sangat mempermudah proses,” ujar Rayi. RAN lantas merampungkan sisanya di Jakarta. Total, lagu tersebut selesai hanya dua kali pertemuan para personel.

Untuk Selamat Pagi yang diputar di Kulari ke Pantai, ada dua versi. Yakni, versi lama yang dirilis pada 2007 dan versi baru yang dibawakan bersama Maisha dan Lil’li Latisha. Selamat Pagi versi baru direaransemen lebih modern dengan banyak memasukkan unsur genre dance pop.

Demikian pula lagu Gemilang. Lagu tersebut awalnya dipopulerkan pada 1986 oleh grup jazz Krakatau. Mira sebagai penulis lirik ingin agar lagu itu dimunculkan dalam filmnya dengan sentuhan yang lebih modern. RAN merearansemen lagu itu dengan memasukkan sentuhan musik dance dan elektronik.

Setelah mengisi OST untuk film keluarga, RAN mengaku punya pendengar dari kalangan anak-anak. Rayi mengungkapkan bahwa anaknya, Budi, sangat menyukai lagu-lagu tersebut.

Pengalaman mengerjakan OST Kulari ke Pantai membuka mata para personel RAN akan lagu ramah anak

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News