Rangkul Kubu 01 dan 02, Para Habib Syukuran Kebuli Kambing

Rangkul Kubu 01 dan 02, Para Habib Syukuran Kebuli Kambing
Majlis NKRI menggabungkan sejumlah kegiatan dalam satu paket syukuran kebuli. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para pendukung Joko Widodo - Ma'ruf Amin yang tergabung dalam Relawan Habib Relasi Jokowi (Harjo) menggelar tasyakuran sekaligus makan kebuli bareng para pendukung Prabowo Subianto - Sandiaga Uno dan para pengendara gojek di Jl Kodam Raya, Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/5) malam.

Acara yang digelar atas nama Majlis NKRI tersebut menggabungkan sejumlah kegiatan dalam satu paket syukuran kebuli yakni silaturahmi menyambut Ramadan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, doa untuk negeri dan hiburan.

Ratusan peserta menghadiri acara tersebut. Tak peduli pilihan politik mereka pada pilpres 17 April lalu. “Kami rangkul semuanya. Kami tidak pilih-pilih. Mau dari pendukung siapa pun tak ada masalah. Bahkan dari profesi apa pun,” kata Habib Salim Jindan, salah seorang penyelenggara acara tersebut.

Latar belakang para peserta memang beragam. Bahkan, beberapa driver online juga ikut bergabung lengkap dengan jaket mereka. Mereka ikut menikmati sajian spesial nasi kebuli yang disediakan shohibul bait alias tuan rumah.

Rangkul Kubu 01 dan 02, Para Habib Syukuran Kebuli Kambing

“Sengaja kami sajikan kebuli kepada para peserta. Ini bagian dari budaya para habib dalam menjamu tamu atau undangan sebagai wujud rasa syukur,” kata Habib Salim.

Dia menambahkan, nasi kebuli adalah suguhan dalam setiap acara keagamaan atau hari raya Islam. Mulai dari Idul Fitri, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra Mikraj dan berbagai kesempatan lainnya seperti pernikahan.

Nasi kebuli, lengkap dengan lauk kambing, biasanya disajikan dalam nampan besar yang disantap secara bersamaan untuk 5-10 orang sekaligus. Para hadirin pun menyantapnya bersama-sama. “Saat makan bersama itulah kita belajar tentang pentingnya ukhuwah dan saling berbagi,” kata Habib Salim.

Nasi kebuli, lengkap dengan lauk kambing, biasanya disajikan dalam nampan besar yang disantap secara bersamaan untuk 5-10 orang sekaligus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News