Rangkul Oposisi sebagai Mendag

Rangkul Oposisi sebagai Mendag
Rangkul Oposisi sebagai Mendag
WASHINGTON - Dalam hitungan hari, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama bakal mengumumkan Menteri Perdagangan (mendag) yang baru. Posisi penting yang akan sangat banyak berperan di tengah himpitan krisis finansial seperti ini. Belakangan, media AS santer merumorkan Senator Judd Gregg sebagai kandidat kuat pengganti Carlos Gutierrez.

Jumat (30/1) waktu setempat, salah satu tokoh Republik yang paling disegani di Kongres AS itu mengonfirmasikan pencalonannya. "Saya sadar nama saya tercantum dalam daftar kandidat Menteri Perdagangan yang disusun Gedung Putih. Dan, saya merasa sangat terhormat disejajarkan dengan kandidat yang lain untuk mengisi posisi tersebut," tandas pria 61 tahun tersebut seperti dilansir Reuters kemarin (31/1).

Sebagai konsekuensinya, senator senior yang sudah tiga kali menjabat itu harus merelakan kursi Senat AS yang kini didudukinya. Jika politikus New Hampshire itu terpilih sebagai Menteri Perdagangan, maka posisinya di Senat akan digantikan Gubernur New Hampshire John Lynch. Dengan demikian, posisi Partai Demokrat di Senat AS akan semakin kokoh.

Sebagai kandidat, Gregg masih bisa menolak tawaran Obama tersebut. Bagi politikus Republik yang duduk di Senat, menolak posisi Menteri Perdagangan akan sangat melegakan. Sebab, mereka tidak perlu kehilangan hak veto dan tetap bisa menyuarakan aspirasi partai. (hep/ami)

WASHINGTON - Dalam hitungan hari, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama bakal mengumumkan Menteri Perdagangan (mendag) yang baru. Posisi penting


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News