Rapat Bahas Pemecatan Dokter Terawan, Uni Irma: Bubarkan Saja IDI

Rapat Bahas Pemecatan Dokter Terawan, Uni Irma: Bubarkan Saja IDI
Dokter Terawan Agus Putranto dipecat dari IDI. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago dengan suara lantang menyerukan agar organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dibubarkan saja buntut dari pemecatan terhadap Dokter Terawan.

Irma menyampaikan seruan bubarkan IDI saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) antara Komisi IX DPR dan IDI yang digelar pada hari ini, Senin (4/4).

Irma dengan suara yang lantang itu marah dan menyinggung dugaan ketidakadilan IDI dalam polemik rekomendasi Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) agar Mantan Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto dipecat dari keanggotaan IDI.

"Bubarkan saja IDI. Ngapain, cuma organisasi profesi kok, dan IDI itu cuma memberikan rekomendasi. Sama dengan Komisi IX, kami tidak bisa memberikan sanksi ke pemerintah, hanya memberikan rekomendasi, boleh dipakai boleh tidak," kata Irma Suryani.

Irma kemudian menyinggung kiprah IDI yang dinilai tidak sejalan dengan tujuan didirkannya organisasi profesi tersebut.

Dia menyebut IDI tidak mencerminkan nilai-nilai untuk menyejahterakan anggota sejawat lantaran isu pemecatan Dokter Terawan.

Selain itu, Irma menyebut setidaknya ada 2.500 dokter muda yang tidak lulus uji kompetensi tahun ini dan bakal menganggur.

"Tidak bisa IDI sembarangan memecat anggotanya, orang cuma bisa memberikan rekomenadasi kok. IDI, kan, bukan satu institusi yang memang harus dipatuhi," lanjutnya.

Rapat membahas pemecatan Dokter Terawan, dengan suara lantang Anggota Komisi IX DPR RI Uni Irma Suryani Chaniago menyerukan bubarkan IDI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News