Rapat dengan Komisi I, Prabowo Subianto Bertemu Mantan Anak Buah Semasa di Kopassus

Rapat dengan Komisi I, Prabowo Subianto Bertemu Mantan Anak Buah Semasa di Kopassus
Menhan Prabowo Subianto di Komisi I DPR, Senin (11/11). Foto: M Kusdharmadi/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Rapat kerja Komisi I DPR dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengingatkan legislator Golkar Lodewijk Freidrich Paulus akan pengalamannya semasa bertugas di Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pensiunan TNI dengan pangkat terakhir  letnan jenderal yang kini duduk di Komisi I DPR itu mengaku pernah tiga kali menjadi anak buah Prabowo.

Lodewijk menuturkan, dirinya pertama kali menjadi anak buah Prabowo saat menjadi anggota Satuan Penanggulangan Teror 81 Kopassus atau yang lebih dikenal dengan SAT-81/Gultor. Alumnus Akmil 1981 itu menjadi anak buah Prabowo untuk kedua kalinya saat di Pusat Pendidikan dan Latihan TNI.

Terakhir saat Prabowo menjadi Danjen Kopassus, Lodewijk merupakan salah satu anak buahnya. Karena itu Lodewijk menyebut Prabowo sudah tiga kali menjadi komandannya.

"Pak Prabowo komandan saya tiga kali. (Saya) masuk Gultor, beliau komandan saya. Saat membina SDM Pusdik, beliau komandan saya. Saat kami membangun kekuatan Kopassus, (Prabowo) komandan saya," kata Lodewijk dalam raker yang dipimpin Ketua Komisi I DPR Meutya V Hafid itu.

Lodewijk yang pernah menjadi Danjen Kopassus itu mengaku tidak meragukan komitmen Prabowo terhadap pertahanan Indonesia. "Saya tidak meragukan lagi komitmen beliau membangun pertahanan Republik Indonesia yang kita cintai," katanya.

Mantan tentara yang kini menjadi sekretaris jenderal Golkar itu juga mengapresiasi paparan Prabowo. "Biasanya yang memaparkan saya, sekarang Bapak (Prabowo)," tegas Lodewijk.

Dalam kesempatan itu Lodewijk juga memaparkan sistem pertahanan negara. Menurutnya, sistem pertahanan Indonesia bersifat semesta.

"Pemahaman semesta ini sebenarnya rakyat semesta, perang rakyat semesta sesuai dengan UUD 1945, tetapi ada yang ingin mengubah seakan-akan perang semesta itu perang internasional, padahal itu menjadi kekuatan utama kita," paparnya.

Pensiunan TNI berpangkat letnan jenderal atau bintang tiga itu mengaku pernah beberapa kali menjadi anak buah Prabowo Subianto

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News