Rapat di Titik Nol IKN Nusantara, Komisi IX DPR dan Mitra Bahas Hal Penting Ini

Rapat di Titik Nol IKN Nusantara, Komisi IX DPR dan Mitra Bahas Hal Penting Ini
Rombongan Komisi IX DPR dipimpin Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena bersama para mitra kerja komisi itu di titik nol IKN Nusantara di Kalimantan Timur; Foto: Dokumen pribadi for JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena memimpin rombongan komisinya melakukan rapat bersama mitra kerja di titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur, Kamis (2/2) sore. 

“Pembahasan terkait dukungan sektor kesehatan dalam pembangunan IKN, juga aspek tenaga kerja yang perlu disiapkan dengan serius sejak dini,” kata Melki, panggilan akrab Emanuel Melkiades Laka Lena, kepada JPNN.com, Kamis (2/2).  

Adapun mitra kerja yang hadir, yakni sekretaris jenderal Kementerian Kesehatan dan jajaran, pimpinan Badan Pengawas Obat dan Makanan serta jajaran, pimpinan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan pusat dan daerah. 

Kemudian, direktur utama BPJS Ketenagakerjaan dan jajaran, Pemerintah Provinsi Kaltim diwakili kepala Dinas Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Penajam Pasir Utara, Pemkab Kutai Kertanegara, Pemkot Balikpapan yang masing-masing diwakili kadinkes, pimpinan Otoritas IKN diwakili direktur. 

“Pertemuan Komisi IX DPR dengan para mitra dari pusat dan pemda merupakan yang pertama dilakukan DPR bersama para mitranya di IKN,” katanya. 

Komisi IX DPR dan semua peserta rapat yang berasal dari Jakarta yang baru pertama kali datang ke IKN antusias melihat dan mendengar langsung gambaran perkembangan pembangunan, khususnya di sektor kesehatan, tenaga kerja dan kependudukan yang merupakan domain kerja komisi itu. 

Melki menjelaskan berbagai catatan dari lapangan untuk memperkuat faskes pertama dan lanjut yang dimiliki daerah serta SDM kesehatan dalam jumlah dan kualitas yang memadai menjadi PR ke depan yang mesti dibenahi segera. 

“Demikian juga terkait dukungan jaminan sosial bagi para pekerja yang membangun IKN, juga aspek kependudukan ke depan saat ini dan ke depan pascaberkembangnya IKN butuh strategi yang kuat dan sinergi dengan berbagai pihak terkait di pusat dan daerah,” ungkap politikus Partai Golkar itu. 

Emanuel Melkiades Laka Lena berharap pembangunan IKN berjalan lancar sesuai rencana Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News