Rapat Pakai Zoom, Megawati Instruksikan Kada dari PDIP Gelorakan Berdikari di Masa Pandemi

Rapat Pakai Zoom, Megawati Instruksikan Kada dari PDIP Gelorakan Berdikari di Masa Pandemi
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam rapat virtual dengan kadernya yang menjadi kepala daerah, Senin (11/5). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mewanti-wanti kader parpolnya yang menjadi kepala daerah getol mewujudkan ketahanan pangan seiring pagebluk akibat penyakit virus corona 2019 (COVID-19).

Megawati menyampaikan instruksinya saat memimpin rapat virtual melalui aplikasi Zoom dengan para kepala daerah asal PDIP, Senin (11/5). Presiden Kelima RI itu memimpin rapat virtual dari rumahnya di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Adapun pesertanya antara lain Gubernur Maluku Murad Ismail, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Bupati Majalengka Karna Sobahi, Bupati Kuningan Acep Purnama, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor dan lain-lain. Sementara Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengikuti rapat itu dari kantor pusat partai berlambang kepala banteng itu di Menteng.

Hasto melalui siaran pers kepada media menjelaskan, Megawati dalam rapat yang mengangkat tema Politik Pangan di Masa Pandemi itu menyatakan bahwa COVID-19 telah membawa pelajaran berharga bagi Indonesia tentang pentingnya semangat berdikari di berbagai bidang.

Oleh karena itu Megawati mendorong para kepal daerah dari PDIP mewujudkan kedaulatan di bidang pangan melalui kebijakan hulu sampai hilir yang mencakup penelitian dan pengembangan bibit unggul, pembangunan sarana maupun prasarana peningkatan produksi, pengolahan dan pemasarannya.

“Instruksi Ibu Megawati Soekarnoputri berangkat dari apa yang disampaikan oleh Bung Karno, bahwa persoalan pangan adalah urusan hidup matinya sebuah bangsa. Karena itulah penggembangan penelitian di sektor pertanian harus dilakukan secara progresif sebagai penopang dari hulu untuk mewujudkan kedaulatan di bidang pangan,” ujar Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, pada 28 Maret lalu Megawati menginstruksikan seluruh kepala daerah PDI Perjuangan mencanangkan gerakan menanam tanaman bahan makanan pokok. Antara lain sorgum, umbi-umbian, sagu, talas, sukun, jagung, porang, ketela dan lain-lain.

Sementara para kepala daerah dari PDIP dalam video konferensi itu menyatakan komitmen mereka dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Misalnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memaparkan keberhasilan provinsinya menjadi daerah surplus beras dan brambang.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mewanti-wanti kader parpolnya yang menjadi kepala daerah getol mewujudkan ketahanan pangan seiring pagebluk akibat penyakit virus corona 2019 (COVID-19).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News