Ratusan Advokat yang Dipimpin Otto Hasibuan Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Ratusan Advokat yang Dipimpin Otto Hasibuan Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran
Aliansi Advokat Indonesia Bersatu mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan advokat dari 186 kota di Indonesia yang tergabung dalam Aliansi Advokat Indonesia Bersatu (AAIB)‎ menyatakan dukungan kepada pasangan calon presiden-wakil presiden (Capres-Cawapres), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua AAIB Otto Hasibuan menyampaikan awalnya ratusan orang advokat dari berbagai kota tersebut membahas soal kondisi carut-marutnya penegakan hukum di negeri ini dalam suatu pertemuan di Jakarta pada Kamis malam (16/11).

Adapun berbagai persoalan hukum yang dibahas, lanjut Otto, salah satu soal wacana percepatan pembentukan Dewan Advokat Nasional (DAN) yang didukung oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD.

DAN ini mengancam independensi ‎advokat dan organisasinya. Ini tidak boleh terjadi karena prinsip organisasi advokat adalah independen sebagaimana dinyatakan dalam UU Advokat dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

‎“DAN ini tahun 2014 lalu pernah digagas oleh DPR tetapi akhirnya dibatalkan, karena mereka menyadari bahwa itu tidak benar walaupun waktu itu memerlukan upaya keras dari advokat seluruh Indonesia, berkumpul di sini sampai 10 ribu orang untuk menolak DAN,” ujarnya.

Para advokat menolak pendirian DAN karena menjadikan advokat tidak independen. Pasalnya, menjadi di bawah kendali pemerintah. Padahal, pemerintah sudah mempunyai wakilnya dalam penegakan hukum, di antaranya polisi, jaksa, dan hakim.

“Kalau sampai itu terjadi, berarti advokat itu berada di dalam kekuasaan pemerintah, dia bisa dikontrol pemerintah. Yang menjadi korban itu adalah pencari keadilan, klien-klien kita, masyarakat pencari keadilan. Bagaimana kami bisa membela klien kami dengan baik kalau kami dikontrol pemerintah,” ujarnya.

Terkait carut marut berbagai persoalan hukum di negri ini, para advokat dalam pertemuan tersebut berpendapat harus menentukan sikap politik demi bangsa dan negara, khususnya di bidang penegakan hukum. Perlu pemimpin yang berkomitmen menjadikan hukum sebagai panglima dalam berbagai sendi atau lini kehidupan negeri ini.

Aliansi Advokat Indonesia Bersatu (AAIB) yang dipimpin Otto Hasibuan mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News