Ratusan Anak Muda Babel Rayakan Sumpah Pemuda dengan Parade Budaya

Ratusan Anak Muda Babel Rayakan Sumpah Pemuda dengan Parade Budaya
DPD PDI Perjuangan Bangka Belitung menggelar Kirab Budaya Nusantara dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda di Sungailiat, Sabtu (29/10). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, BANGKA BELITUNG - DPD PDI Perjuangan Bangka Belitung menggelar Kirab Budaya Nusantara dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda di Sungailiat, Sabtu (29/10).


Pada kesempatan itu, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan pesan Proklamator RI Soekarno agar para pemuda Indonedia masa kini menjadi pelopor kebudayaan.

Pesan itu disampaikan Hasto saat melepas ratusan anak muda dan perwakilan dari seluruh wilayah di Provinsi Bangka Belitung di Lapangan THR di Jalan Sudirman, Sungailiat.

“Bung Karno berpesan, jadilah pemuda pelopor, jadilah pemuda yang membangun jati diri kebudayaan kita, banggalah dengan kebudayaan Nusantara,” kata Hasto.

Dia lalu mengangkat bendera merah tanda kegiatan dimulai. Perlahan dan satu per satu, rombongan kirab pun berjalan. Dimulai dari rombongan drumband dan Paskibraka SMA Sungailiat.

Peserta Kirab Budaya Nusantara menampilkan acara budaya antara lain Kuda Lumping, Reog Ponorogo,  Dambus, Karapan Sari, Tari Bali, Barongsai, Tari Aceh, Budaya Butun, Budaya Bugis, Tari Melayu, Pencak Silat, Tarian Hegong dan Tarian Sakalele NTT, Tari Saman Aceh, Tarian Anging Mamiri, Padendang Bugis, Tortor Batak, dan Budaya Minang.

Ketua DPD PDIP Provinsi Bangka Belitung Didit Srigusjaya menjelaskan kegiatan ini dimulai dari festival UMKM, lalu jalan sehat, dan kirab budaya. Dari sisi peserta, ada 600 pelaku UMKM yang terlibat, lalu 30 ribuan peserta jalan sehat, dan ratusan anak muda peserta parade budaya.

“Sesuai instruksi DPP PDI Perjuangan dan Ibu Megawati Soekarnoputri, budaya harus dilestarikan. Maka kita tampilkan parade kirab budaya dari 16 provinsi, oleh paguyuban warga Babel yang berasal dari 16 provinsi,” kata Didit.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan pesan Proklamator RI Soekarno agar para pemuda Indonedia masa kini menjadi pelopor budaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News