Ratusan Bangunan Rusak Parah, Kantor Bupati Juga

Dampak Gempa di Tasikmalaya

Ratusan Bangunan Rusak Parah, Kantor Bupati Juga
Petugas melihat salah satu ruangan di kantor Bupati Tasikmalaya yang roboh karena gempa di Tasikmalaya. FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com, TASIKMALAYA - Gempa 6,9 skala richter Jumat tengah malam (15/12) sampai Sabtu dini hari (16/12) menyebabkan ratusan bangunan di Tasikmalaya, Jabar, rusak parah.

Mulai rumah warga, gedung swasta dan pemerintah, fasilitas umum, sampai sarana pendidikan.

Maman, 62, salah seorang warga Desa Tamanjaya, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya masih ingat betul bagaimana gempa yang berpusat 11 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Tasikmalaya itu menggoyang tempat tinggalnya.

Tepat tengah malam, Maman terperajat begitu mendengar suara keras. ”Brakkkk, saya langsung bangun,” ungkap dia ditemui Jawa Pos usai menunaikan ibadah salat magrib kemarin malam.

Suara tersebut disusul jeritan histeris warga Desa Tamanjaya. ”Istighfar semua, teriak ya Allah, ya Allah,” tutur Maman berusaha menirukan jeritan warga.

Begitu keluar rumah, dia sadar tengah terjadi gempa bumi dengan kekuatan besar. Masjid As Syuhada yang terletak tidak jauh dari tempat tinggalnya bergoyang. Bagian atap sudah tidak tampak.

Selain gelap, bagian itu hancur lantaran tidak kuat menahan goncangan. Suara keras yang membangunkan Maman pun bersumber dari sana.

Gempa kemarin memang bukan yang pertama bagi Maman, sebelumnya dia juga sempat merasakan goncangan serupa delapan tahun lalu. Tapi, tidak sebesar yang dia rasakan dua hari lalu. ”Goyangnya kerasa sekali,” ujarnya.

Gempa yang terjadi di Tasikmalaya telah menyebabkan ratusan bangunan mengalami kerusakan cukup parah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News