Ratusan Prodi Vokasi Tersedia di Jalur SNMPTN, Siswa Harus Teliti

Ratusan Prodi Vokasi Tersedia di Jalur SNMPTN, Siswa Harus Teliti
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 40 Politeknik (poltek) dan 12 universitas, institut, sekolah tinggi, dan akademi (Unista) vokasi tahun ini bergabung dalam seleksi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Jumlah perguruan tinggi tersebut tercatat per 15 Januari 2021. Di mana jumlah program studi (prodi) D4  sebanyak 351 terdiri dari 298 di Politeknik dan 53 Unista.

Untuk kelompok prodi saintek totalnya 246 (215 Poltek, 31 Unista) dan Soshum 105 (83 Poltek, 22 Unista).

"Tahun ini perguruan tinggi yang menjadi peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) ada 51, dengan total prodi 351. Jadi ada banyak pilihan bagi calon mahasiswa," kata Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam Sosialisasi SNMPTN dan SNMPN, penerimaan mahasiswa baru 2021 di Jakarta, Jumat (15/1).

Menurut Dirjen Wikan, proses pertama yang harus dilewati lulusan SMA, SMK, MA untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi ada pada proses seleksi.

Proses ini menjadi syarat penting agar baik lulusan maupun perguruan tinggi bisa mengukur kualitas calon peserta didiknya.

“Untuk itu kami menggandeng LTMPT melakukan seleksi calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN," terangnya.

Menurut Wikan, ini merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya di tengah upaya perguruan tinggi vokasi yang bersinergi bersama dunia industri dan dunia kerja (DUDI) agar mencetak sumber daya manusia unggul dan berdaya serap tinggi di industri.

Sebanyak 51 perguruan tinggi dan 351 prodi vokasi tersedia di Jalur SNMPTN dan siswa pun diminta teliti memilih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News