Ratusan Ribu Ford EcoSport Bermasalah di Sistem Pompa Oli

Ratusan Ribu Ford EcoSport Bermasalah di Sistem Pompa Oli
Ilustrasi Ford EcoSport. Foto: Ford

jpnn.com - Ford terpaksa mengumumkan program recall (penarikan kembali) untuk SUV subkompak EcoSport di AS, atas pengajuan dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Penarikan kembali tersebut melibatkan 137.790 unit Ford EcoSport produksi tahun 2018-2022, dan model Focus tahun 2016-2018 bermesin bensin turbo EcoBoost 1.0 liter.

NHTSA menyatakan bahwa kendaraan yang terkena dampak mengalami masalah tekanan oli, karena lengan penegang sabuk penggerak pompa oli rusak.

Masalah ini khusus terjadi pada varian EcoBoost 1.0 liter pada model Ford EcoSport dan Focus yang mesinnya dipadukan dengan transmisi otomatis 6F15.

Dokumen tersebut menyatakan bahwa lengan penegang sabuk dapat patah, karena sambungan penahan tidak cukup kuat untuk menahan getaran mesin.

Hal itu dapat menyebabkan tensioner terpisah dari pelat pendukung dan menyebabkan sabuk rusak karena gigi yang lepas.

Sabuk yang kendor kemudian menyebabkan hilangnya tekanan oli yang berpotensi menyebabkan kerusakan dan membuat mesin macet.

Masalah tersebut dapat mengakibatkan hilangnya tenaga mesin serta pengereman.

Ford terpaksa mengumumkan program recall (penarikan kembali) untuk SUV subkompak EcoSport di AS, atas pengajuan dari NHTSA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News