Ratusan Ribu Peserta Tes CPNS Gagal, Ada yang Nilainya 0

Ratusan Ribu Peserta Tes CPNS Gagal, Ada yang Nilainya 0
Peserta sesi kedua seleksi tes Kompentensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham melalui computer assisted test (CAT) di kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional VIII Banjarmasin, Banjarbaru, Selasa (12/9). Foto: Kemenkumham

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan ribu peserta tes CPNS Mahkamah Agung (MA) dan Kemenkumham dipastikan gagal.

Ini setelah mereka tidak lolos passing grade untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) computer assisted test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Karo Humas BKN Mohammad Ridwan mengungkapkan, pusat data CAT BKN menunjukkan bahwa tingkat kelulusan pelamar CPNS tahun 2017 periode I (Kemenkumham dan MA) dalam SKD tergolong rendah.

Ini dilihat dari tingkat kelulusan SKD peserta MA berkisar pada angka 14 persen dari total peserta yang mengikuti ujian sebanyak 19.278 orang.

“Dari total peserta tersebut hanya 2.545 peserta yang memenuhi passing grade," terang Ridwan di Jakarta, Senin (2/10).

Sementara kelulusan hasil SKD formasi D3/SMA Kemenkumham hanya mencapai 7,16 persen. Dari total peserta yang mengikuti SKD sebanyak 267.692 hanya 19.166 peserta saja yang memenuhipassing grade.

"Bahkan ada peserta SKD yang nilainya nilai 0. Artinya ada peserta yang tidak menjawab soal sama sekali," ujar Ridwan dengan nada prihatin.

Menurut Ridwan hal ini harusnya menjadi perhatian bagi calon peserta SKD periode kedua yang direncanakan akan berlangsung pada Oktober 2017 ini.

Tingkat kelulusan SKD peserta MA berkisar pada angka 14 persen dari total peserta yang mengikuti ujian sebanyak 19.278 orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News