Ratusan Sekolah di Bangkok Ditutup Karena Polusi Udara Yang Memburuk

Ratusan Sekolah di Bangkok Ditutup Karena Polusi Udara Yang Memburuk
Ratusan Sekolah di Bangkok Ditutup Karena Polusi Udara Yang Memburuk

Lebih dari 400 sekolah di ibukota Thailand, Bangkok ditutup sampai Senin depan karena kekhawatiran terus meningkatnya polusi udara di sana.

Polusi udara Bangkok

Ibukota Thailand ini menghadapi polusi udara terburuk yang pernah terjadi yang disebabkan adanya partikel debu yang dikenal dengan nama PM2.5.

Menjawab kritikan publik yang tidak puas dengan keadaan, dan juga kemungkinan krisis kesehatan, gubernur Bangkok Jenderal Polisi Asawin Kwanmuang juga menyatakan kota ini sebagai 'zona pengawasan polusi.'

Dengan itu pihak berwenang bisa mengambil langkah hukum guna mengatasi keadaan termasuk penutupan jalan dan pengalihan arus kendaraan.

Mereka yang tidak mengindahkan usaha untuk mengurangi polusi seperti pembatasan penggunaan mesin solar, pembakaran di luar ruangan dan pembangunan gedung akan bisa dikenai penjara sampai tiga bulan.

Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha telah memerintahkan Gubernur Asawin untuk menutuip 437 sekolah, setelah pejabat mengatakan polusi akan terus memburuk sampai hari Senin.

Ratusan Sekolah di Bangkok Ditutup Karena Polusi Udara Yang Memburuk Photo: Sekolah di Bangkok ditutup sampia hari Senin karena polusi udara yang memburuk. (AP: Sakchai Lalit)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News