Kantor Bagian Visa Kedubes Australia di Iran Ditutup Karena Adanya Laporan Korupsi

Kantor Bagian Visa Kedubes Australia di Iran Ditutup Karena Adanya Laporan Korupsi
Kantor Bagian Visa Kedubes Australia di Iran Ditutup Karena Adanya Laporan Korupsi

Pemerintah Australia telah menutup kantor bagian visa di ibukota Iran Teheran, setelah beberapa agen migrasi yang mengatakan mereka bisa mendapatkan visa untuk klien lewat beberapa kontak di kedutaan Australia di Teheran.

Menurut laporan yang diterima ABC, sebuah surat tuduhan yang dikirim ke kedutaan di bulan Januari 2017 kemudian diserahkan ke badan penyidik anti korupsi milik pemerintah Australia.

Kantor visa tersebut kemudia ditutup bulan Juli tahun 2018.

ABC juga mendapat laporan bahwa para penyidik telah menanyai beberapa warga Iran di Australia mengenai bagaimana mereka bisa mendapatkan visa mereka.

Kasus ini menimbulkan pertanyaan mengenai sistem pengeluaran visa yang dilakukan Australia.

ABC sebelumnya melaporkan adanya penipuan pembuatan visa 457 palsu, dan banyaknya agen migrasi yang menipu klien mereka sehingga menimbulkan kerugian puluhan ribu dolar.

Dalam surat tersebut, sekelompok agen migrasi yang berkantor di Australia dan banyak mengurusi klien dari Iran mengatakan ada beberapa agen migrasi di Australia yang mengatakan memiliki kontak khusus di Teheran, dan mengenakan biaya tinggi bagi warga Iran baik di Iran dan Australia biaya belasan ribu dolar untuk pengurusan visa, padahal biaya resminya hanyalah ratusan dolar.

Surat tersebut juga menyebutkan semakin banyaknya warga Iran yang mendapatkan visa masuk sementara meski keluarga mereka di Australia memiliki visa perlindungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News