Ratusan UMKM di Sumsel Naik Kelas Setelah Mengikuti Program BKSS, Sandiaga Uno Bangga

Ratusan UMKM di Sumsel Naik Kelas Setelah Mengikuti Program BKSS, Sandiaga Uno Bangga
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat menyampaikan sambutan di lapangan PTC Mall Palembang. Foto: Cuci Hati/JPNN.com.

jpnn.com - PALEMBANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi pencapaian yang diraih usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) peserta program Beli Kreatif Sumatera Selatan (BKSS). Setelah mengikuti BKSS, 200 UMKM di Sumsel yang menjadi peserta berhasil menaikkan omzet mereka hingga 89,5 persen.

“Selama tiga bulan mengikuti pelatihan, pendampingan, dan perluasan pasar melalui onboarding dengan marketplace, 200 UMKM yang terkurasi tersebut berhasil meningkatkan omzet dan skala usahanya" kata Sandi saat ditemui usai acara Beli Kreatif Sumatra Selatan di lapangan PTC Mall Palembang, Sabtu (19/11).

Sandi mengatakan bahwa program BKSS ini telah mendorong pelaku UMKM di Sumsel untuk terus berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. 

Menurut dia, materi pendampingan dalam program BKSS telah meningkatkan kualitas produk, sekaligus memperluas cakupan pemasaran, seperti pemasaran digital, segmentasi, positioning, dan targeting, dan pengembangan pasar melalui e-commerce. 

"Pelatihan-pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan omzet dan berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja” ungkap mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini.

Dia menambahkan peningkatan ekonomi para pelaku UMKM memberikan dampak terhadap kebangkitan perekonomian secara luas,  serta mendorong terciptanya lapangan kerja. 

Terlebih, saat ini kontribusi ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor penyumbang terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional dengan nilai 7,359.

Data dari Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021/2022 menyebutkan bahwa tiga sub-sektor ekonomi kreatif penyumbang terbesar struktur PDB dan ekspor yakni kuliner 39 persen, fesyen 17 persen, dan kriya 14,9 persen.

Ratusan UMKM di Sumsel naik kelas setelah mengikuti program BKSS. Menparekraf Sandiaga Uno pun bangga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News