Rawan Bencana, Indonesia Dijuluki Ring of Fire

Masyarakat Belum Punya Safety Awareness

Rawan Bencana, Indonesia Dijuluki Ring of Fire
Rawan Bencana, Indonesia Dijuluki Ring of Fire
JAKARTA - Secara fisik, kondisi geografis dan geologis membuat Indonesia dijuluki sebagai ring of fire atau zona dengan tingkat kerentanan alam yang tinggi. Belum lagi, secara sosiologis dan politis mengakibatkan Indonesia sangat rawan terhadap terjadinya bencana kebakaran dan banjir.

”Secara sosiologis, masyarakat Indonesia juga belum punya safety awareness yang baik. Perilaku yang membudaya saat ini adalah cenderung mengabaikan potensi timbulnya bencana yang punya karakter sering datang secara tiba-tiba seperti banjir, tanah longsor maupun kebakaran,” ucap Ketua DPD RI Irman Gusman saat membuka International Seminar on Fire and Flood Fighting di Medan, Sumatera Utara, Selasa (19/3).

Irman menyayangkan, kondisi geografis dan sosiologis tersebut belum diantisipasi dengan baik oleh para pengambil dan pelaksana kebijakan. Sebagian kebijakan justru makin memperbesar potensi timbulnya bencana atau paling tidak membiarkan pelanggaran terhadap prinsip-prinsip keamanan pribadi, masyarakat maupun ekologis. 

”Hal itu tampak dari kebijakan penataan ruang dan wilayah yang tidak baik, kurangnya penegakan hukum dalam lingkungan seperti dalam hal pemberlakuan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL), pembukaan lahan hutan untuk dikonversi menjadi perkebunan tambang, pembangunan hunian liar serta hunian di daerah aliran sungai dan lain-lain tanpa memperhatikan karakter alam dan sebagainya,” jelas senator asal Sumatera Barat itu.

JAKARTA - Secara fisik, kondisi geografis dan geologis membuat Indonesia dijuluki sebagai ring of fire atau zona dengan tingkat kerentanan alam yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News