Ray: Pertemuan di Makassar Bisa Jadi Tonggak Soliditas KIB

Ray: Pertemuan di Makassar Bisa Jadi Tonggak Soliditas KIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar duduk bersama Presiden Joko Widido dan jajaran petinggi partai pada saat Peringatan HUT Golkar belum malam ini di Jakarta. Foto: Humas Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Lingkar Madani (Lima) Indonesia Ray Rangkuti mengatakan ada dua alasan kenapa daerah Makassar dijadikan tempat pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)

Salah satunya adalah untuk menunjukkan kemampuan konsolidasi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Dengan dia (Airlangga, red) kuat di Makassar, yang merupakan daerah Pak Jusuf Kalla, dia mau mengatakan dia bisa konsolidasi kok Makassar itu, atau Sulawesi Selatan di bawah koordinasi Ketua Umum Golkar ini,” kata Ray, Jumat (4/11/2022) malam.

Selain alasan itu, Makassar yang merupakan basis Golkar, kini mulai ramai dukungan atas Partai Nasdem dan Capres mereka Anies.

Dengan konsolidasi menyeluruh, Golkar diharapkan bisa menyinergikan kekuatan mereka di Sulawesi Selatan.

Golkar, kata Ray, masih memiliki waktu untuk memperkuat basis mereka, terkait elektabilitas.

“Yang penting deklarasi dulu. Saya kira basis-basis di Jawa Barat akan kembali Golkar. Juga Jawa Tengah, apalagi Indonesia timur. Dengan catatan mereka tidak punya saingan, misalnya tiba-tiba PDIP ikut KIB,” ujar Ray.

Sementara itu PPP mulai bergerak untuk mengejar ketinggalan 1-2 persen untuk meraih parliamentary threshold dengan mendukung Ganjar Pranowo.

Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti mengatakan ada dua alasan kenapa daerah Makassar dijadikan tempat pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News