Rayakan Dies Natalis, FK Unair Dukung Program ODF

Rayakan Dies Natalis, FK Unair Dukung Program ODF
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Program Open Defection Free (ODF) yang digagas Pemkot Surabaya untuk menghadirkan jamban sehat bagi warga mendapat dukungan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair). 

Dekan FK Unair Prof dr Soetojo SpU mengatakan, program tersebut dilakukan dalam rangka Dies Natalis Ke-105 FK  Unair. Seluruh civitas FK Unair memberikan sumbangsih kepada masyarakat dalam bentuk pengabdian di 105 tempat berbeda di Surabaya. "Kami melakukan kegiatan bakti sosial (baksos) serentak atau pengabdian masyarakat yang melibatkan banyak alumni FK Unair," katanya. 

Namun, lantaran tingginya antusiasme ikatan alumni FK Unair, kegiatan pengabdian masyarakat diperluas hingga mencapai 380 titik. Beragam kegiatan dilakukan. Mulai pembangunan jamban, penyuluhan, pelatihan basic support untuk awam, screening kanker serviks, hingga pelayanan kesehatan gratis. "Kami merasa alumni. Semua berkarya untuk negeri," ujarnya. 

Salah satu kegiatan yang saat ini berjalan adalah pembangunan jamban sehat. Total ada 340 jamban sehat yang menjadi target untuk dibangun di 13 kecamatan. Sebanyak 100 jamban sehat sudah terbangun. "Kami mendukung program pemkot terkait ODF," katanya. 

Prof dr Budi Santoso SpOG(K), ketua panitia dies natalis ke-105, menambahkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat secara serentak oleh ikatan alumni FK Unair angkatan terbanyak rencananya dicatatkan dalam rekor Muri pada 10 November. "Ada lebih dari 500 titik kegiatan pengabdian masyarakat. Ini sumbangsih kami kepada masyarakat," ungkapnya. (ayu/c6/dio) 

Total ada 340 jamban sehat yang menjadi target untuk dibangun di 13 kecamatan. Sebanyak 100 jamban sehat sudah terbangun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News