Rayakan Hari Batik Nasional dengan Membatik

Rayakan Hari Batik Nasional dengan Membatik
Belajar Membatik bersama Kacang Garuda. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - GarudaFood punya cara unik memeriahkan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober. Caranya dengan menggelar kegiatan "Belajar Membatik bersama Kacang Garuda".

Karyawan tidak hanya diajak mengenal makna di balik batik, tetapi juga belajar mencanting atau "melukis" di atas kain.

"Lewat kegiatan mencanting ini, diharapkan para karyawan memahami makna dari setiap proses pembuatan batik. Sehingga kita makin cinta budaya Indonesia ini," kata Direktur GarudaFood, Paulus Tedjosutikno dalam rilisnya, Rabu (3/10).

Kegiatan yang baru pertama kali dilakukan ini diikuti secara antusias dari ratusan karyawan yang memenuhi acara tersebut. Karena kesempatan untuk mencoba hal baru, seperti mencanting, merintangi malam (aplikasi lilin pada pola batik), melorot malam (meluluhkan lilin batik di air), pencelupan pewarnaan hingga penjemuran merupakan kesempatan yang langka.

"Saya senang melihat respon karyawan atas acara ini. Kapan lagi bisa mencoba hal-hal baru seperti ini, mulai dari menggambar diatas kain polos, lalu mencanting gambar tersebut hingga menjadi mahakarya masing-masing," ujarnya.

Ditambahkan, komitmen GarudaFood pada upaya pelestarian batik dilakukan lewat kemasan baru kacang Garuda. Produk bernuansa batik ditampilkan dalam bentuk perpaduan tiga model batik Indonesia yang sudah sangat terkenal, yaitu lokcan, tiga negeri dan sido luhur.

"Senang bisa menghasilkan produk yang disukai masyarakat, tetapi juga ikut melestarikan budaya Indonesia," ujarnya.

Lewat kemasan kacang Garuda, lanjut Paulus masyarakat jadi tahu bahwa setiap model batik memiliki nama dan sejarahnya masing-masing. Diharapkan masyarakat juga ikut aktif dalam melestarikan warisan luhur budaya bangsa.

Dalam rangka memeringati Hari Batik Nasional pada 2 oktober 2018, GarudaFood menggelar kegiatan Belajar Membatik bersama Kacang Garuda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News