Rayakan HUT ke-487 Jakarta, Sabar Gorky Besok Panjat Monas

Rayakan HUT ke-487 Jakarta, Sabar Gorky Besok Panjat Monas
Rayakan HUT ke-487 Jakarta, Sabar Gorky Besok Panjat Monas

jpnn.com - JAKARTA - Besok, Minggu (22/6) Jakarta genap berusia 487. Bertepatan dengan HUT Jakarta, pendaki tunadaksa dunia Sabar Gorky akan memanjat Tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Aksi ini dilakukan bukan untuk gaya-gayaan, namun sebagai salah satu bentuk simbolisasi perjuangan kaum difabel untuk mendapatkan pelayanan publik.

"Besok pukul 07.00 WIB, Sabar Gorky akan panjat Monas. Sengaja dipilih besok agar turut memeriahkan HUT Jakarta, yang jatuh tepat tanggal 22 Juni. Selain itu juga sebagai ajang mengkampanyekan 'Indonesia Tanpa Diskriminasi' dan Jakarta sebagai kota yang ramah terhadap kaum difabel," ujar Manajer Ekspedisi Rakyat Merdeka Dar Edi Yoga pada JPNN, Sabtu (21/6).

Ditambahkan pria yang kerap disapa Yoga ini, bahwa memanjat Monas merupakan keinginan dari pria berkaki satu itu sejak beberapa tahun yang lalu. Aksi pemanjatan di Monas, kata Yoga, seharusnya sudah dilakukan bulan Desember 2013.

"Tapi karena ada kendala teknis, maka pemanjatan baru dapat dilakukan Minggu besok," terang dia.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat turut hadir menjadi saksi mata seorang tuna daksa dengan segala kekurangannya bisa berprestasi serta mengharumkan nama Indonesia.

"Kegiatan Sabar Gorky ini juga dalam upaya membuat rekor MURI, sebagai hadiah istimewa bagi kita semua yang mencintai negeri ini," tandasnya.

Sabar Gorky dikenal sebagai pendaki difabel berkaki satu yang berhasil menginjakkan kakinya di puncak gunung Elbrus, Russia, (5.641 mdpl). Selain itu, Sabar juga berhasil menundukkan puncak gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika.

JAKARTA - Besok, Minggu (22/6) Jakarta genap berusia 487. Bertepatan dengan HUT Jakarta, pendaki tunadaksa dunia Sabar Gorky akan memanjat Tugu Monumen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News