Rayakan Iduladha, Momentum Tepat Menanamkan Pendidikan Karakter pada Siswa

Rayakan Iduladha, Momentum Tepat Menanamkan Pendidikan Karakter pada Siswa
Keluarga besar Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School dan Fatih Bilingual School di Aceh membagikan daging kurban. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, BANDA ACEH - Perayaan Hari Raya Iduladha dijadikan momentum bagi sejumlah sekolah untuk berbagi dengan sesama, khususnya masyarakat sekitar yang kurang beruntung.

Kegiatan ini sekaligus untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak didiknya agar memiliki rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi, selain juga menjalankan perintah agama.

Hal ini salah satunya tampak pada perayaan Iduladha 2019/ 1440 H di keluarga besar Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School dan Fatih Bilingual School di Aceh. Pada Iduladha tahun ini mereka melakukan penyembelihan 27 ekor sapi dan 8 ekor kambing.

"Alhamdulillah dari tahun ke tahun meningkat kepedulian sosial dari anak didik dan wali murid. Ini membanggakan kami. Padahal persiapannya tidak terlalu lama," ujar Mustafa Cakallioglu, perwakilan Sekolah Teuku Nyak Arif, lewat keterangan tertulis, Senin (12/8).

Pihak sekolah lantas membagikan lebih dari 2.500 paket daging kepada warga yang membutuhkan di beberapa gampong seperti gampong Alue Naga, Rukoh, Cot Geundreut, Neuhuen, kampung Arap, Kampung Tiongkok, Lam Ue, Lambaro, Lampulo, Lamnga, Lambuy serta ke panti asuhan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada orang tua wali murid, guru, karyawan serta para donatur yang memberikan amanah kepada kami untuk menyembelih dan membagikan paket daging kurban kepada warga yang membutuhkan. Semoga niat dan doa kita diijabah oleh Allah SWT," sambungnya.

BACA JUGA: Guru Honorer K2 Digaji Rp 300 Ribu per Bulan, Buruh Bangunan Rp 125 Ribu per Hari

Perwakilan sekolah Fatih Bilingual School, Nurhadi Hafman menambahkan, kepiawaian para guru memotivasi siswa maupun orang tua murid mampu menggerakkan kebersamaan sekolah untuk berbagi kepada sesama. Upaya ini tidak hanya dilakukan pada Iduladha tapi juga di kegiatan keagamaan lainnya, seperti Idulfitri, Ramadan dan Maulid Nabi.

Perayaan Iduladha tahun ini mereka melakukan penyembelihan 27 ekor sapi dan 8 ekor kambing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News