Rayakan Ultah di Tiongkok, Kim Jong Un Beri Sinyal ke Trump

Rayakan Ultah di Tiongkok, Kim Jong Un Beri Sinyal ke Trump
Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un tiba di Tiongkok untuk lawatan kenegaraan. Foto: KCNA

jpnn.com, BEIJING - Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un kembali melawat ke Tiongkok. Kemarin, Selasa (8/1) iring-iringan kendaraan dengan pengawalan ketat yang diduga mengangkut Jong-un membelah Kota Beijing. Rencananya, dia akan berada di Negeri Panda sampai besok, Kamis (10/1).

Kali ini, Jong-un berkunjung ke Tiongkok bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-36. Reuters melaporkan bahwa dia dan rombongan bertolak dari Kota Pyongyang dengan kereta kepresidenan pada Senin (7/1).

Selain Ibu Negara Ri Sol-ju, beberapa pejabat senior Korut ikut mendampingi Jong-un. Di antaranya, Menteri Luar Negeri Ri Yong-ho dan Wakil Ketua Komite Partai Pekerja Kim Yong-chol.

''Ini berarti Jong-un ingin menegaskan kepada AS bahwa mereka masih punya pilihan selain Seoul dan Washington,'' ujar Harry Kazianis, direktur studi pertahanan pada Center for the National Interest.

Alternatif lain itu adalah Tiongkok. Kemarin rombongan Jong-un disambut langsung oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Kazianis mengatakan bahwa ikutnya Yong-chol dalam kunjungan mancanegara perdana Jong-un pada 2019 itu menjadi sinyal kuatnya hubungan Korut-Tiongkok. (bil/c19/hep)


Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un kembali melawat ke Tiongkok di hari ulang tahunnya yang ke-36


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News