RDP dengan Komisi X DPR RI, Seskemenpora Paparkan Lima Program Prioritas Kemenpora

RDP dengan Komisi X DPR RI, Seskemenpora Paparkan Lima Program Prioritas Kemenpora
Seskemenpora Gunawan Suswantoro dalam RDP dengan Komisi X DPR RI di kompleks parlemen. Foto:Kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Seskemenpora) Gunawan Suswantoro bersama para pejabat Eselon I Kemenpora mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi X DPR RI di Ruang Rapat Komisi X DPR RI Gedung Nusantara 1, Jakarta, Selasa (28/3). Capaian dan target Kemenpora dibeberkan.

Dalam RDP tersebut, Seskemenpora menjelaskan kembali program-program prioritas yang diusung oleh Kemenpora.

Mulai dari perbaikan tata kelola kelembagaan, pelayanan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan, penguatan ideologi Pancasila pemassalan dan pemasyarakatan olahraga, sampai Pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan.

Selain capaian dari program prioritas yang sudah dijalankan di lapangan, pria yang pernah menjadi Sekjen Bawaslu tersebut juga membeberkan realisasi anggaran Kemenpora pada Triwulan Pertama 2023. Dari Pagu Anggaran sebesar Rp 2.530.093.157.000 baru terserap sebesar Rp 257.952.314.595

"Penyerapan anggaran di triwulan pertama ini masih sangat kecil yaitu baru sekitar 10,20%. Hal ini karena di Kemenpora saat ini menggunakan SOTK baru sementara DIPA nya SOTK lama," ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dalam pendapatnya mendorong agar Kemenpora meningkatkan koordinasi dengan berbagai kementerian-lembaga sebagai upaya meningkatkan seluruh indikator dalam Indeks Pembangunan Pemuda.

"Komisi X DPR RI juga mendorong agar Kemenpora memasukkan program kegiatan yang berbasis keagamaan dalam pelaksanaan program kegiatan penguatan ideologi kebangsanaan. Memfokuskan program peningkatan partisipasi olahraga dan kebugaran masyarakat dalam mendorong Indonesia Bugar yang tertera dalam DBON," tandasnya. (dkk/jpnn)

RDP Kemenpora dengan Komisi X DPR RI membahas beberapa hal, mulai dari program sampai realisasi penyerapan anggaran pada awal 2023 ini


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News