Real Count: Cagub Diusung Demokrat – PKS Teratas

 Real Count: Cagub Diusung Demokrat – PKS Teratas
Seorang pria sedang menempelkan stiker bergambar Dr Zulkieflimansyah di sepeda motornya, Sabtu (4/2). Foto: Dewi/Lombok Post/JPNN.com

jpnn.com, MATARAM - Hasil real count KPU Pilkada NTB menunjukkan pasangan H Zulkieflimansyah - Hj Sitti Rohmi Djalilah yang diusung Demokrat dan PKS unggul dengan raihan suara 31,66 persen.

Angka itu hasil pernghitungan dari data yang sudah mencapai 99,1 persen. Sembilan kabupaten/kota penghitungannya telah rampung 100 persen. Sisanya tinggal Lombok Timur.

Posisi kedua pasangan HM Suhaili FT-H Muhammad Amin dengan perolehan 26,53 persen, lalu pasangan H Ahyar Abduh-Mori Hanafi dengan 25,08 persen, dan pasangan H Ali BD-HL Gede Sakti Amir Murni dengan 16,73 persen.

Hanya saja, ketika data tersebut ditelaah dan ditelisik lebih jauh, rupanya data-data yang ditampilkan dalam real count tersebut tidak akurat. Terutama dengan menelisik data-data di tiap kabupaten/kota.

Ketidakakuratan itu terutama terkait dengan jumlah pemilih. Jumlah pemilih yang menyalurkan hak suaranya rupanya tidak sama dengan jumlah total suara (gabungan suara sah dan tidak sah). Ada yang jumlahnya lebih, dan ada juga yang jumlahnya kurang.

Lombok Post (Jawa Pos Group) mengecek ulang data di tiap kabupaten/kota yang ditampilkan KPU tersebut satu per satu. Dimulai dari Kota Mataram. Di Ibu kota provinsi ini, total ada 195.619 pemilih yang menggunakan hak suaranya. Namun, setelah ditotal, jumlah suara tidak sah dan yang sah mencapai 195.240. Artinya, ada kekurangan 379 suara.

Pola yang sama terjadi pula untuk penghitungan suara di Lombok Utara di mana di sana total suara kurang 81 dari 124.833 pemilih yang menggunakan hak suaranya. Pun juga di Kabupaten Sumbawa. Di sana, jumlah total suara berkurang 301 suara dari warga yang menggunakan hak pilih 246.746 orang.

Di Kabupaten Bima ada selisih 397 suara. Yang menggunakan hak pilih 233.449 orang. Namun, total suara 233.052. Daerah tetangga, yakni Kota Bima juga mengalami pola serupa. Ada selisih kekurangan 286 suara dari pengguna hak pilih yang mencapai 89.968 orang.

Hasil real count Pilkada NTB yang disajikan secara daring oleh KPU menunjjukan pasangan Zulkieflimansyah – Sitti Rohmi menempati posisi teratas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News