Real Count Pilkada Jatim, Selisih 7,24 Persen

Real Count Pilkada Jatim, Selisih 7,24 Persen
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak (kiri). Foto: Galihcokro/Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Hasil real count Pilkada Jatim berbasis aplikasi hitung (situng) memasuki fase akhir, hasilnya tak jauh beda dengan quick count yang telah dilakukan beberapa lembaga survei.

Berdasar hasil rekapitulasi sementara, pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak unggul dengan meraih 10.175.705 suara (53,62 persen). Sedangkan duet Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno memperoleh 8.802.098 suara (46,38 persen). Selisih suara dua paslon tersebut mencapai 7,24 persen.

Hingga tadi malam, dari 67.644 TPS se-Jatim, KPU Jatim telah menerima data form C1 dari 65.668 TPS (97,08 persen). Dari 38 kabupaten/kota, yang belum menyerahkan 100 persen tinggal 12 daerah.

Meski hasilnya sudah bisa diketahui, KPU Jatim memastikan tidak akan mengumumkan hasil real count tersebut. ”Kami baru menetapkan hasil jika seluruh proses rekapitulasi resmi di seluruh tingkatan tuntas,” kata Komisoner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro.

Saat ini proses rekapitulasi sedang berlangsung di tingkat kecamatan. Tahap itu berjalan hingga 3 Juli. Jika sudah, fase selanjutnya adalah rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota.

Tak jauh berbeda dengan rekap awal, pasangan Khofifah-Emil meraih keunggulan di 26 daerah. Sementara itu, Gus Ipul-Puti menang di 12 wilayah.

Hasil tak jauh beda dirilis tim pemenangan Khofifah - Emil dari hasil rekap form C1 seluruh saksi. ”Pasangan kami memang unggul di 26 daerah,” kata Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah-Emil Renville Antonio kemarin.

Mengacu rekap itu, keberhasilan Khofifah - Emil tak lepas dari kemenangan mereka di sejumlah wilayah yang sejatinya adalah basis para parpol pengusung Gus Ipul-Puti. Di Surabaya, misalnya. Dari berbagai survei pada awal masa kampanye, ibu kota Jatim itu diprediksi menjadi lumbung suara untuk Gus Ipul-Puti. Sebab, Surabaya adalah basis PDI Perjuangan.

Hasil real count Pilkada Jatim tidak beda jauh dengan quick count yang dilakukan sejumlah lembaga survei sesaat setelah pencoblosan Pilkada Serentak 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News