Realisasi Belanja Pemerintah Jauh dari Target

Realisasi Belanja Pemerintah Jauh dari Target
Realisasi Belanja Pemerintah Jauh dari Target
JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR, Kemal Azis Stamboel menyayangkan rendahnya realisasi belanja pemerintah dari target yang telah ditetapkan pada kuartal I tahun 2012. Menurut Kemal, realisasinya tidak mencapai 50 persen dari target yang ditetapkan.

              

Padahal, target penyerapan anggaran pada kuartal I tahun 2012 yang ditetapkan pemerintah adalah 25 persen, tetapi realisasinya hanya 11,08 persen. “Ini jauh dari optimal, padahal dulu dinyatakan bahwa proses tender yang lebih cepat menjadi kunci percepatan penyerapan,” katanya, dalam siaran pers yang diterima JPNN, Rabu (18/4).

Dijelaskan dia, untuk belanja pegawai dan belanja barang yang harusnya mudah tercapai juga tidak dapat dicapai oleh pemerintah. Menurutnya, realisasi belanja modal juga masih sangat rendah, masih dibawah tujuh persen.

Diharapkan pemerintah bisa memokuskan realisasi belanja modal, karena banyak terkait infrastruktur. “Kalau bisa efektif maka akan memberikan stimulus dan multiplier effect bergeraknya pembangunan infrastruktur sehingga akan menjaga pertumbuhan dan pemerataan ekonomi,” ujarnya.

JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR, Kemal Azis Stamboel menyayangkan rendahnya realisasi belanja pemerintah dari target yang telah ditetapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News