Realisasi KUR Capai Rp 14 T

Kucuri 877 Ribu Pengusaha Mikro

Realisasi KUR Capai Rp 14 T
Realisasi KUR Capai Rp 14 T
JAKARTA - Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) terus merangkak naik. Sepanjang semester I 2012, penyaluran kredit untuk pengusaha kecil dan mikro ini sudah mencapai Rp 14,4 triliun.

Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Jasa Parikesit Suprapto mengatakan, tahun ini pemerintah mematok target penyaluran KUR Rp 30 triliun atau naik 50 persen dibanding tahun lalu yang Rp 20 triliun. "Jadi, kalau sampai akhir Juni tembus Rp 14,4 triliun, artinya sudah 48,1 persen dari target," ujarnya kemarin (3/7).

Tren penyaluran KUR memang naik signifikan sejak 2010. Sebab, pada pertengahan tahun itu, pemerintah mengubah aturan KUR untuk mempermudah penyerapan oleh pelaku usaha mikro dan kecil. Beberapa kemudahan kemudahan yang diberikan untuk memperluas cakupan KUR, antara lain debitor kredit sepeda motor atau kredit perumahan rakyat yang sebelumnya tidak boleh menerima KUR, mulai tahun lalu bisa mendapatkan KUR.

Selain itu, ada penambahan jumlah bank penyalur KUR. Lalu, dari sisi suku bunga, KUR mikro (di bawah plafon Rp 5 juta per debitor) diturunkan dari 24 persen menjadi 22 persen. Adapun suku bunga KUR dengan plafon Rp 5 juta-Rp 500 juta, diturunkan dari 16 persen menjadi 14 persen. Kemudian masa pengembalian kredit diperpanjang dari tiga tahun jadi enam tahun.

JAKARTA - Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) terus merangkak naik. Sepanjang semester I 2012, penyaluran kredit untuk pengusaha kecil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News