KA Trans Sumatera Angkut 48 Juta Penumpang

Interkoneksi dengan Jembatan Selat Sunda

KA Trans Sumatera Angkut 48 Juta Penumpang
KA Trans Sumatera Angkut 48 Juta Penumpang
JAKARTA - Rencana pembangunan jalur kereta api Lampung-Aceh, yang disebut dengan Trans Sumatera Railways rupanya sudah digodok secara matang oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Detil tahapan pembangunan bahkan sudah tertuang secara rinci dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (Ripnas). Jalur KA lintas Sumatera ini nantinya menghubungkan jalur KA eksisting yang sudah ada yaitu di Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung menjadi jaringan jalur KA  yang saling terhubung.

Jalur yang ditargetkan beroperasi pada 2030 ini akan dilayani 145 lokomotif dan 1.435 unit kereta, untuk mengangkut penumpang sebesar 48.000.000 orang pertahun.  Jumlah penumpang itu merupakan perkiraan yang dibuat kementerian yang kini dipimpin EE Mangindaan itu.

Sedangkan untuk angkutan barang dibutuhkan lokomotif sebanyak 760 unit dan gerbong sebanyak 15.170 unit untuk mengangkut barang sebesar 403.000.000 ton pertahun.

JAKARTA - Rencana pembangunan jalur kereta api Lampung-Aceh, yang disebut dengan Trans Sumatera Railways rupanya sudah digodok secara matang oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News