Realisasi Penerimaan Pajak Boyolali Tertinggi se-Jawa Tengah

Realisasi Penerimaan Pajak Boyolali Tertinggi se-Jawa Tengah
Ilustrasi wajib pajak melaporkan SPT tahunan. Foto: Kaltim Post/JPNN

jpnn.com, BOYOLALI - Realisasi penerimaan pajak di Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II pada semester pertama 2019 mencapai Rp 5,3 triliun

Jumlah itu naik 14,06 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kepala Kanwil DJP Jateng II Rida Handanu mengatakan, realisasi pada tahun ini mencapai 37,99 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp 13,979 triliun.

BACA JUGA: Kontribusi Pajak UMKM Belum Signifikan

Meski masih banyak yang harus dicapai pada semester kedua, Rida optimistis bisa memenuhi target hingga akhir tahun.

Rida menjelaskan, kontribusi tertinggi per jenis pajak datang dari pajak penghasilan (PPh) perorangan yang tumbuh 12 persen dan PPh badan 37 persen.

“Andil PPh sebesar 59 persen untuk penerimaan. Untuk PPn, kontribusinya 39 persen. Secara sektoral, tiga sektor yang dominan tumbuh yaitu perdagangan besar, jasa keuangan, dan administrasi pemerintahan,” jelas Rida, Senin (8/7).

Menurut Ridha, sektor PPn masih harus dikejar karena nilai yang masuk sedikit. Hal itu disebabkan belum stabilnya kondisi perekonomian global sehingga banyak pihak masih wait and see.

Realisasi penerimaan pajak di Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II pada semester pertama 2019 mencapai Rp 5,3 triliun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News