Redakan Sindrom Cepat Marah dengan Aspirin

Redakan Sindrom Cepat Marah dengan Aspirin
Redakan Sindrom Cepat Marah dengan Aspirin

jpnn.com - SERING merasa cepat marah padahal tidak ada penyebab yang jelas, atau bahkan sampai ingin bertindak kasar? Mungkin anda terkena Intermittent Explosive Disorder (IED), atau yang lebih sering disebut sebagai sindrom cepat marah.

Penderita IED biasanya kesulitan mengendalikan amarah. Bahkan kemarahan itu bisa berkembang hingga tidak dapat dikendalikan meski penyebabnya hal sepele.  Mereka merasa lega ketika kemarahan itu meledak keluar. Tapi setelahnya, mereka merasa bersalah atas tindakan yang telah dilakukan.

Untungnya kini para peneliti telah menemukan solusinya. Sebuah riset di Amerika menemukan bahwa obat antiperadangan, salah satunya adalah aspirin, ternyata dapat membantu mengendalikan sindrom lekas marah. Sindrom IED ini didefinisikan sebagai ketidakmampuan dalam mengendalikan impuls untuk bereaksi secara agresif.

Para peneliti menyarankan orang-orang dengan temperamen tinggi untuk mengonsumsi aspirin. Menurut penelitian, sebutir aspirin mampu meredakan kemarahan yang meledak-ledak.

Studi itu juga menemukan bahwa kemarahan yang tidak terkontrol mungkin saja efek dari inflamasi, atau peradangan dalam tubuh. Begitu pula dengan IED yang biasanya menyerang pada akhir masa remaja.

Darah penderita sindrom cepat marah memiliki lebih banyak tanda terjadinya peradangan. Para penderita sindrom lekas marah juga memiliki level protein dua kali lebih tinggi dibanding orang biasa.

"Dua tanda itu secara konsisten dihubungkan dengan sikap yang agresif dan impulsif, tetapi tidak berhubungan dengan masalah kejiwaan lain," kata Profesor Emil Coccaro, seperti dilansir laman Telegraph, Jumat (30/1).

Para peneliti belum tahu apakah inflamasi memicu sifat agresif, ataukah sifat agresif yang menyebabkan terjadinya inflamasi. Namun, mereka yakin bahwa sindrom lekas marah berkorelasi kuat dengan inflamasi.

SERING merasa cepat marah padahal tidak ada penyebab yang jelas, atau bahkan sampai ingin bertindak kasar? Mungkin anda terkena Intermittent Explosive

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News