Refleksi Hari Lahir Pancasila, Kapolri Mengajak Masyarakat Bersatu Melawan Corona

Refleksi Hari Lahir Pancasila, Kapolri Mengajak Masyarakat Bersatu Melawan Corona
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu dan bergotong royong melawan serta memerangi pandemi Covid-19, dalam upaya semangat merefleksikan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2021.

Jenderal Listyo Sigit mengatakan bahwa bergandengan tangan melawan Covid-19 merupakan wujud generasi penerus bangsa saat ini untuk melanjutkan semangat bapak pendiri bangsa Indonesia dalam merumuskan Pancasila sebagai ideologi.

"Semangat gotong royong merupakan salah satu bentuk merefleksikan peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2021," kata Kapolri dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (1/6).

Menurut dia, menanamkan nilai Pancasila di tengah pandemi corona dapat dilakukan dengan gotong royong, bersatu, dan bergandengan tangan sebagaimana butir ketiga Pancasila, yakni Persatuan Indonesia.

Jenderal bintang empat itu mengatakan Pancasila merupakan kepribadian dan pandangan hidup berbangsa, menjadi landasan kuat masyarakat dengan pemerintah bersatu menghadapi tantangan pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

"Tingginya semangat persatuan dan kesatuan dari seluruh lapisan masyarakat bersama dengan pemerintah, maka dapat terwujud Indonesia yang tangguh ketika menghadapi virus corona saat ini," ujar Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri itu mengatakan dengan adanya persatuan, maka efek domino yang terjadi karena pandemi Covid-19 mulai dari perekonomian dan kehidupan sosial dapat teratasi dengan baik.

Refleksi Hari Lahir Pancasila saat ini, lanjut Jenderal Listyo Sigit, dapat diimplementasikan dengan kesadaran berdisiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu melawan pandemi corona. Menurut dia, semangat gotong royong merupakan salah satu bentuk merefleksikan peringatan Hari Lahir Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News