Reformasi, Kualiatas Karikatur Menurun

Reformasi, Kualiatas Karikatur Menurun
Karikatur berjudul “RIP Penegakan Hukum" karya Hendrikus David Arie Mulyatno dari Suara Pembaruan memenangkan penghargaan Adinegoro 2013 untuk kategori karikatur, dan berhak atas hadiah Rp 50 juta. Penjurian digelar di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Senin (20/1). Foto For JPNN.com

jpnn.com - Kartunis kawakan Pramono R. Pramoedjo menilai bahwa kualitas karikatur di Indonesia menurun sejak era reformasi dibandingkan dengan masa Orde Baru. Penilaian itu ia paparkan setelah menjadi juri karya peserta Anugerah Adinegoro 2013.

Tahun ini, seperti dijelaskan dalam siaran pers, tema Anugerah Adinegoro 2013 adalah Demokrasi dan Citra Bangsa. Kompetisi diikuti oleh 42 karya dari sepuluh media, dengan sepuluh unggulan masing-masing lima karya bertema demokrasi dan lima karya bertema citra bangsa.

Era reformasi, kata Pramono, sebenarnya memberi kebebasan pada karikaturis untuk berpendapat melalui karya-karya mereka. “Tugas kitalah untuk melatih para karikaturis muda untuk meningkatkan diri,” katanya.

Pramono berharap, tema tersebut bisa dapat diuji selama tiga tahun ke depan. Bagaimana para karikaturis bisa menghasilkan karya yang memberi pesan serta mengajak pembaca untuk berpikir dan merenung lebih dalam.

Hendrikus David Arie Mulyatno dari Suara Pembaruan dengan karyanya “RIP Penegakan Hukum" akhirnya memenangkan Anugerah Adinegoro tahun ini. Ia berhak mendapat piagam, trofi dan uang tunai Rp 50.000.000. Hadiah akan diserahkan pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Bengkulu pada 9 Februari 2014.

Anugerah jurnalistik Adinegoro diselenggarakan setiap tahun untuk memberi penghargaan pada karya terbaik jurnalistik investigasi, jurnalistik foto, jurnalistik karikatur, jurnalistik televisi, jurnalistik tajuk rencana dan jurnalistik karikatur. Tahun ini panitia Hari Pers Nasional juga menyelenggarakan dua penghargaan untuk jurnalistik media siber dan jurnalistik infotainment. (jpnn)


Kartunis kawakan Pramono R. Pramoedjo menilai bahwa kualitas karikatur di Indonesia menurun sejak era reformasi dibandingkan dengan masa Orde Baru.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News