Reformasi KUR Percepat Proses UMKM Naik Kelas

Reformasi KUR Percepat Proses UMKM Naik Kelas
BRI membidik KUR sebagai cara untuk menjaga pertumbuhan ekonomi nasional melalui percepatan pengembangan sektor riil. Foto: Dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Bank BRI membidik Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai cara untuk menjaga pertumbuhan ekonomi nasional melalui percepatan pengembangan sektor riil, khususnya peningkatan kapasitas pelaku usaha mikro, yang berpinsip pembangunan berkelanjutan (SDGs).

UMKM sebagai salah satu pilar utama perekonomian dinilai berperan penting dalam menciptakan kesempatan kerja hingga percepatan pemberantasan kemiskinan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Bisnis Mikro BRI Supari dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (4/5).

Supari membeberkan selama ini KUR telah mampu mendorong formalisasi kelompok masyarakat unbanked dan underbanked kepada akses pendanaan yang lebih besar.

Oleh karena itu, program ini mampu menjadi jawaban masalah yang dihadapi oleh segmen mikro, yakni terbatasnya akses terhadap lembaga keuangan formal yang mudah dan terjangkau.

Keterkaitan dengan masa pandemi 3 tahun terakhir, penelitian yang dilakukan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada 2022 menyatakan pelaku usaha mikro terbukti mendapatkan ketangguhan ketika menikmati layanan KUR di tengah masa pandemi.

Pelaku usaha mikro yang mendapatkan pembiayaan KUR secara atraktif mendapatkan presentase omset penjualan lebih besar dibandingkan segmen usaha yang lain.

Supari melanjutkan bahwa sejak awal diluncurkan, pelaksanaan program KUR terus menunjukkan peningkatan alokasi (kuota) maupun realisasinya. Kemudahan akses dan beberapa relaksasi ketentuan terkait pembiayaan membuat antusias pelaku usaha mikro menjadi lebih tinggi dalam memanfaatkan program KUR tersebut.

BRI membidik KUR sebagai cara untuk menjaga pertumbuhan ekonomi nasional melalui percepatan pengembangan sektor riil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News