Regulasi IMEI Picu Pertumbuhan Pasar Ponsel di Indonesia, Berikut 5 Merek Hp Terlaris

Regulasi IMEI Picu Pertumbuhan Pasar Ponsel di Indonesia, Berikut 5 Merek Hp Terlaris
Pedagang mengecek nomor indentitas asli ponsel (IMEI) di salah satu gerai di Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei IDC Indonesia menunjukkan pengaruh regulasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) sangat positif untuk pasar ponsel di tanah air.

"Penerapan regulasi registrasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) juga terus menunjukkan hasil positif, dengan meminimalisir peredaran ponsel ilegal di pasaran," kata analis pasar IDC Indonesia Riksy Febrian, dalam keterangan pers, Selasa.

Dia memperkirakan regulasi IMEI yang berlaku efektif sejak tahun lalu bisa berperan besar untuk pemulihan pasar ponsel pintar tahun ini dan yang akan datang.

IDC Indonesia memperkirakan pasar ponsel pintar di Indonesia akan tumbuh sekitar 20 persen tahun ini.

Riset IDC Indonesia menunjukkan pada kuartal keempat 2020 terdapat pertumbuhan tahunan sebesar 1 persen, meskipun pasar ponsel pintar sempat tertekan karena pandemi virus corona.

Data IDC, pengiriman ponsel di Indonesia mencapai 11,7 juta unit pada kuartal terakhir tahun lalu.

"Pasar smartphone Indonesia mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19 yang mengubah bagaimana cara orang berinteraksi. Kebutuhan akan smartphone melonjak, baik itu untuk mendukung Work-from-Home, Home- based-Learning, layanan streaming hiburan, atau sekedar berkomunikasi secara virtual," kata Risky.

Pasar ponsel Indonesia sempat turun drastis pada enam bulan pertama 2020, sebanyak minus 18 persen secara year-on-year, karena karantina wilayah.

Hasil survei menyebutkan regulasi IMEI berpengaruh positif terhadap pertumbuhan pasar ponsel di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News