Rehab Sekolah Lewat Tender Dinilai Merugikan

Rehab Sekolah Lewat Tender Dinilai Merugikan
Rehab Sekolah Lewat Tender Dinilai Merugikan
BOGOR--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai, mekanisme pembangunan ruang kelas lebih baik menggunakan sistem swakelola dibandingkan dengan proses tender. Menurutnya, dengan swakelola dapat menghemat anggaran 25-30 persen.

"Kalau melalui proses tender terkena pajak 11-12 persen dan keuntungan bisnis 15 persen. Kami juga sangat yakin dengan pola sekolah sendiri yang pegang uang. Tidak ada ceritanya sekolah pingin jelek-jelekan, tetapi ingin yang terbaik," terang Nuh  saat meninjau SMPN 1 Gunung Sindur Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Minggu (27/11).

Selain nilai riil yang digunakan lebih efektif dibandingkan dengan tender, Nuh mengungkapkan ada keuntungan lain dengan menerapkan swakelola. Dicontohkannya,  di SDN Kendayakan Kragilan, dengan dana rehabilitasi Rp 196 juta untuk tiga lokal dapat menambah satu lokal untuk guru dan untuk sanitasi. Keuntungan lainnya adalah dapat menciptakan lapangan kerja.

"Setelah menerapkan sistem swakelola, berikutnya dilanjutkan dengan prinsip manajemen berbasis sekolah. Sekolah lebih tahu ruang kelas yang harus diperbaiki, serta kualitas perbaikannya," tukanya.

BOGOR--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai, mekanisme pembangunan ruang kelas lebih baik menggunakan sistem swakelola

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News