Reisa Sebut Persiapan Vaksinasi Covid-19 Berjalan Sesuai Rencana

Reisa Sebut Persiapan Vaksinasi Covid-19 Berjalan Sesuai Rencana
Reisa Broto Asmoro. Foto: screenshot akun Sekretariat Presiden di YouTube.

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah telah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19 secara nasional.

Sejauh ini sudah ada belasan ribu tenaga kesehatan yang mendapat pelatihan untuk menjadi vaksinator.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengatakan, dari data per 5 Desember 2020 sudah dilakukan pelatihan kepada 12.408 orang yang tersebar pada 21 provinsi.

Sementara workshop penyiapan bagi tenaga vaksinator juga telah dilangsungkan kepada 29.635 orang untuk 34 provinsi.

"Artinya semua berjalan sesuai rencana. Dan insyaallah kesiapan-kesiapan itu kita jaga. Dari sisi jumlah, dari sisi proporsional semua provinsi akan tercakup. Untuk modul pelatihannya kita adaptasi dalam bentuk virtual," ungkapnya saat berdialog dengan Juru Bicara Pemerintah dr Reisa Broto Asmoro, Senin (14/12).

Saat ini, kata Oscar, sebagian besar daerah telah siap melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Beberapa di antaranya Kota Bogor, di mana sebelumnya simulasi vaksinasi Covid-19 telah dilaksanakan di Puskesmas Tanah Sareal yang ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo. Lalu, Puskesmas Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.

Simulasi, kata Oscar, memang harus dilakukan untuk mengetahui jika terdapat persoalan, atau sesuatu yang kurang, dapat langsung diperbaiki saat pelaksanaan vaksinasi massal kelak. "Namanya ini pekerjaan besar, ya," imbuhnya.

Kesiapan lain disebutkannya seperti alat pelindung diri (APD) juga sudah disosialisasikan kepada seluruh pelatihan vaksinator. Dan juga penyediaan rantai dingin atau cold chain, logistik pendukung, termasuk APD level 1.

Belasan ribu tenaga kesehatan yang mendapat pelatihan untuk menjadi vaksinator. Hal ini merupakan langkah untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19 secara nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News