Rekor MURI, Bakar 60.000 Jagung di Jember

Rekor MURI, Bakar 60.000 Jagung di Jember
Mentan Amran Sulaiman panen jagung. Ilustrasi Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JEMBER - Kegiatan membakar jagung sebanyak 60.000 buah yang berlangsung di Desa Kemuningsari Kidul, Kabupaten Jember, Jawa Timur, berhasil memecahkan rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kegiatan yang diselenggarakan GEMPITA Jatim itu berlangsung di lapangan desa setempat, kemarin.

Gempita pesta rakyat yang bertema "Desa Berdaulat Pangan" tersebut dihadiri oleh Bupati Jember Faida, jajaran Korwil Gempita Jatim, anggota MURI, pihak muspika Kecamatan Jenggawah, dan puluhan ribu warga desa setempat.

"Saya sangat terharu dan bahagia atas kegiatan Gempita ini menggelar pesta rakyat dengan membakar jagung sebanyak 60 ribu jagung, sehingga masuk dalam pemecahan rekor MURI," kata Bupati Jember Faida saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini membuktikan pencapaian Gerakan Nasional Gempita oleh Mentan Dr. Andi Amran Sulaiman.

Hal itu sukses mendorong kebangkitan pemuda untuk kembali bertani sehingga bisa menjadi contoh bagi generasi yang lain untuk ikut berperan aktif terhadap pertanian di wilayah setempat.

Kepala Desa Kemuningsari Kidul Sujarwo Hadiono mengatakan kegiatan bakar jagung massal tersebut merupakan salah satu wujud rasa syukur warga yang mayoritas sebagai petani atas panen jagung yang melimpah di desa setempat.

"Kegiatan membakar 60.000 jagung yang merupakan hasil panen petani itu merupakan puncak petik jagung dan membuktikan bahwa petani di Desa Kemuningsari Kidul berhasil mewujudkan swasembada jagung yang digerakkan oleh para pemuda," katanya.

Kegiatan ini membuktikan pencapaian Gerakan Nasional Gempita yang digagas Mentan Andi Amran Sulaiman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News