Rekrutmen CPNS di Depan Mata, BKN Matangkan Persiapan

Rekrutmen CPNS di Depan Mata, BKN Matangkan Persiapan
Peserta seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham 2017 untuk wilayah Kalimantan Selatan saat mengikuti Seleksi Kompentensi Bidang (SKB) menggunakan computer assisted test (CAT) di Kanreg VIII BKN Banjarbaru. Foto: Kemenkumham

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan rekrutmen CPNS sudah di depan mata. Ini ditandai dengan makin intensifnya pertemuan panitia seleksi nasional (Panselnas) membahas mekanisme pendaftaran CPNS agat maksimal.

Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana mengatakan, pihaknya semakin mematangkan koordinasi dengan instansi terkait guna memudahkan masyarakat melakukan pendaftaran seleksi CPNS di antaranya dengan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk meminimalisasi kesulitan peserta dalam penginputan Nomer Induk Kependudukan.

Selain itu, Bima menyampaikan, beberapa skenario dan implikasi terhadap rancangan jadwal penerimaan CPNS.

"Pak menteri meminta pelaksanaan seleksi harus memudahkan masyarakat salah satunya dengan mempermudah jangkauan lokasi tes. Dari pengumuman hingga tahap akhir harus dikelola dan ditata dengan baik karena berkaitan dengan kepentingan masyarakat Indonesia," ujar Bima di Jakarta, Kamis (30/8).

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengungkapkan, sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, tahapan yang harus ada dalam rekrutmen CPNS adalah adalah (1) perencanaan, (2) pengumuman lowongan selama minimal 15 hari kalender, (3) pelamaran (melalui sscn.bkm.go.id), (4) seleksi (administrasi, kompetensi dasar, kompetensi bidang), dan (5) pengumuman hasil seleksi. (esy/jpnn)


Pelaksanaan rekrutmen CPNS sudah di depan mata. Ini ditandai dengan makin intensifnya pertemuan panitia seleksi nasional (Panselnas)


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News