Rektor UT Sampaikan Kabar Baik, Simak

Rektor UT Sampaikan Kabar Baik, Simak
Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat dalam webinar ICE Institute memperingati Hari Sumpah Pemuda. Foto tangkapan zoom

jpnn.com, JAKARTA - Minat mahasiswa untuk mengikuti mata kuliah daring dari konsorsium Indonesian Cyber Education (ICE) Institute cukup tinggi.

Menurut Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat, sejak diresmikan pada Juli 2021 sebagai marketplace (lokapasar) pembelajaran online di Indonesia, saat ini sebanyak 3.621 mahasiswa mengikuti perkuliahan di berbagai institusi pendidikan tinggi. 

Mahasiswa tersebut berasal dari Konsorsium ICE Institute dan 49 perguruan tinggi yang memanfaatkan ICE Institute sebagai lokapasar mata kuliah daring. 

“ICE Institute sangat berperan dalam membuka akses pendidikan tinggi di Indonesia terhadap mata kuliah daring yang berkualitas bagi semua," kata Prof Ojat dalam webinar ICE Institute memperingati Hari Sumpah Pemuda, Rabu (27/10).

Ke depannya, lanjut Prof Ojat, peserta ICE Institute akan bisa menikmati beragam program yang disediakan untuk mencapai keterampilan khusus yang diperlukan Indonesia dalam bentuk microcredential, seperti game developer, kecerdasan artifisial untuk pendidikan, dan lainnya. Ini akan makin mengukuhkan ICE Institute dalam menyediakan layanan merdeka belajar untuk semua.

Sementara Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Diktiristek) Nizam berharap ICE Institute menjadi wahana peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, memberikan akses pembelajaran daring guna pemerataan kualitas pendidikan. Juga menjadi lokapasar pembelajaran daring Indonesia di tingkat internasional. 

"Ini membuka kesempatan bagi kalangan pendidikan tinggi untuk berkolaborasi penelitian, melakukan pertukaran pelajar, dan juga proyek independen bersama diaspora Indonesia di seluruh dunia," tuturnya.

Melalui ICE Institute, lanjut Nizam, mahasiswa dan dosen Indonesia bisa berbagi informasi terdepan dalam berbagai bidang ilmu yang ditekuni diaspora

Indonesian Cyber Education (ICE) Institute yang baru diresmikan Juli 2021 telah menyediakan 138 mata kuliah daring dan menurut Rektor UT Prof Ojat Darojat mulai banyak diminati mahasiswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News