Rel Mati Segera Dihidupkan Lagi

Rel Mati Segera Dihidupkan Lagi
Rel Mati Segera Dihidupkan Lagi
JAKARTA - Proyek pembangunan jalur kereta api (KA) Trans Sumatera Railways, yang menghubungkan Lampung-Aceh dan terkoneksi dengan Jawa melalui Jembatan Selat Sunda, bukanlah proyek yang masih di awang-awang.

Ini proyek serius dan sudah dirancang secara matang. Tahapan-tahapannya sudah disusun secara rinci oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dalam Rencana Strategi (Renstra) 2010-2014, detil perencanaan tertuang secara gamblang.

Antara lain, hingga 2014 mendatang, sejumlah jalur KA yang selama ini mati, akan dihidupkan lagi. Disebutkan dalam Renstra, bahwa peningkatan jalur KA di pulau Sumatera termasuk menghidupkan kembali lintas mati serta peningkatan spoor emplasemen sepanjang 347 km.

Diantaranya pada lintas Tarahan - Waytuba, Muara enim – Lahat, Martapura- Prabumulih, Teluk Bayur – Sawahlunto, Lubuk alung – Naras, Lubuk alung– Pariaman, Solok – Sawahlunto, Medan – Binjai, Kisaran - Tanjung Balai, Medan - Tebing Tinggi – Siantar, Binjai – Besitang, Tebing Tinggi - Rantau Prapat.

JAKARTA - Proyek pembangunan jalur kereta api (KA) Trans Sumatera Railways, yang menghubungkan Lampung-Aceh dan terkoneksi dengan Jawa melalui Jembatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News